Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Di SMAN 7 Mataram

Penulis

Charisma Permadi Zulmi , Hairunisyah Sahidu , Jannatin 'Ardhuha

DOI:

10.29303/jpft.v5i2.1375

Diterbitkan:

2019-12-06

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember

Kata Kunci:

conceptual understanding procedures (CUPs), problem solving, concept mastery

Articles

Cara Mengutip

Zulmi, C. P., Sahidu, H., & ’Ardhuha, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Di SMAN 7 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(2), 310–318. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1375

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of the learning model of conceptual understanding procedures (CUPs) with problem solving techniques on mastering the concept of physics of students for optical instrument material inà SMAN 7 Mataramà in the academic year 2018/2019. This type of research used quasi-experimental design with untreated control group design with pre-test and post-test. The population is all students of àXI MIPA classà with taking the research sample using purposive sampling technique, so that students ofà XI MIPA 3 class were selected as the experimental class andà XI MIPA 2 class as the control class. Data collection techniques used the initial test (pre-test) and final test (post-test) with multiple choice questions as many as 20 items. To test the research hypothesis used parametric statistical tests, namely the t-test with pre-test and post-test. From the calculation results obtained by the value of t-count of 4.42 which value is greater than t-table which is 2.008 at a significant level of 5%, so it can be concluded that the null hypothesis (H0) is rejected. Thus, there is the influence of the learning model of conceptual understanding procedures (CUPs) with problem solving techniques on mastering of physics concepts of students of XI MIPA class at SMAN 7 Mataram in the academic year 2018/2019.

Referensi

Anggreni, K.R., Meter, I.G., & Wiarta, I.W. 2013. Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus VII Kompiang Sujana Denpasar Barat. Jurnal Sains dan Teknologi, II(4).

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Fitriani, N., Gunawan, & Sutrio. 2017. Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores.www.physics.indiani.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses pada tanggal 17 Juli 2019.

Hikmah, N., Baidowi, B., & Kurniati, N. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 9(2).

Ibrahim, Kosim, & Gunawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Conseptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 14-23.

Ismawati, I., Nugroho, P., dan Dwijananti, D. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Curiosty dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10, 22-23.

Lakuntu, J.K., Werdhiana, I.K., dan Muslimin, M. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Hukum Newton pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) 5(1).

Mariana, M., Alit, I.M., dan Praginda, W. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Prastiwi, I., Soedjoko, E., dan Mulyono, M. 2014. Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Aspek Koneksi Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 41-47.

Rahono, D., Sunarno, W., dan Cari, C. 2014. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Problem Solving melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Inkuiri, 3(3).

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto, W., dan Ariani, D. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: PT Refika Aditama.

Biografi Penulis

Charisma Permadi Zulmi, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Hairunisyah Sahidu, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Jannatin 'Ardhuha, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.