Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa

Authors

Baiq Ida Arianti , Hairunnisyah Sahidu , Ahmad Harjono , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v2i4.307

Published:

2017-04-22

Issue:

Vol. 2 No. 4 (2016): Oktober

Keywords:

Model Direct Instruction, Simulasi Virtual, Penguasaan Konsep

Articles

Downloads

How to Cite

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 159–163. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.307

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Praya. Sampel penelitian diperoleh siswa kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dianalisis dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperoleh hasil thitung =2,54à dan ttabel = 2,02. Oleh karena thitung >ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa model direct instruction berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa

References

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Arends, R. 2008. Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2012. Model Pembelajran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Mujis, D. & Reynolds. D. 2008. Efeective Teaching Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gunawan., Setiawan. A. & Widyantoro, D.H. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 20, No. 1: 25-32.

Dahar, R.W.. 2003. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Gelora Aksara Prima.

Laili, S.W.D. & Suliyanah. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan Mengintegrasikan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas X Semester II SMAN 1 Wonoayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 02, No. 03: 80-84.

Suhandi. A., Sinaga. I., Kaniawati. E. & Suhendi. 2009. Efektifitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengurangi Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan Fisika FPMIPA UPI. Tersedia di. konsep fisika : http://repository.upi.ac.id/487/ (diakses tanggal 15 maret 2016).

Sumargo, E. & Yuanita. L. 2014. Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 3, No. 1 : 119-133.

License

Authors who publish with Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>