Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpft.v5i2.1207Diterbitkan:
2019-10-30Terbitan:
Vol 5 No 2 (2019): Juli-DesemberKata Kunci:
probing prompting, learning outcomes, critical thinkingArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
This research aim to examine the effect of probing prompting assisted video learning model for learning outcomes and critical thinking skill of student. This type of research is quasi experiment with untreated control group design with pretest and posttest. The research population was all students of X MIA MAN 2 Mataram. Sampling technique of this research use cluster random sampling so that there are two classes that is X MIA 1 as the experimental class and X MIA 3 as the control class. Type test used 20 choice question for learning outcomes and 5 essay for critical thinking skill. The posttest mean value for learning outcomes in experimental class and control class is 42,36 and 34,86. The posttest mean value for critical thinking skill in experimental class and control class is 54,86 and 46,08. Hypothesis testing of this research is MANOVA. The result of MANOVA test show a significant 0,004 so H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this research is there is the effect ofÃÂ probing prompting learning model assisted video for learning outcomes and critical thinking skill of student.ÃÂReferensi
Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Diani, R., Yuberti., & Syafitri, S. 2016. Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 05(2), 267-277.
Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Video untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Science Educarion 2(2), 142-146.
Ennis R H. 2011. The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. University of Illinos. On line at http://faculty.education.illions.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Isna, R., Hendratto, S., & Ristanto S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Media Power Point pada Materi Mekanika Fluida untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 5 SMAN 1 Bae Kudus. Mathematics and Sains Forum.
Handriani, L.S., Harjono, A., & Doyan, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.
Huda, M. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Vol 4(1) Hal: 98-104.
Sari, D.S & Sugiyanto, K.H. 2015. Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 154.
Rahmadi, T.N., Maryanto, A., & Setianingsih, W. 2016. Pengaruh Penerapan Probing Prompting pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(4), 1-9.
Resta, L., I., Fauzi, A & Yulkifli. 2013. Pengaruh Pendekatan Pictorial Riddle Jenis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Gelombang Terinegrasi Bencana Tsunami. Jurnal Pillar Of Physics Education, 1(1), 17-22.
Sahayu, S.S., Jampel, N., & Jayanta, I.N.L. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2(3), 321-328.
Septiana, I.S., Harjono, A., & Hikmawati. 2018. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi vol 4(1) Hal: 7-15.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Biografi Penulis
Rosi Pratiwi, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Hikmawati Hikmawati, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
I Wayan Gunada, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).