Analisis Tingkat Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII SMAS Ferdy Ferry Kota Jambi

Penulis

Puspa Cantika Riana

DOI:

10.29303/jpft.v5i2.1435

Diterbitkan:

2019-12-06

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember

Kata Kunci:

Education, Attitude, Creativity, Physics

Articles

File Tambahan

Cara Mengutip

Riana, P. C. (2019). Analisis Tingkat Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII SMAS Ferdy Ferry Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(2), 327–334. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1435

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Learning creativity is one of the important things in a learning process. The creativity of student in learning will greatly affect the student to obtain a success. This study aims to determine the level of student learning creativity at Jambi City Ferdy Ferry High School on physics subjects. The type of research method used is quantitative research with descriptive analysis. The instrument used was a learning independence questionnaire consisting of 23 statements using 4 likert scales. The subjects of this study were students of class XII Science 3 and XII Science 4 SMAS Ferdy Ferry Jambi City, which totaled 43 student. The results of the questionnaire data were processed using SPPS to get accurate data. The results showed that in class XII Natural Sciences 3 the category was never as much as 9.5% (2 of 21 students), the rare category was 33.3% (7 of 21 students), the frequent category was 38.1% (8 out of 21 students), and the category was always as many as 19% (4 of 21 students). And the results of research from class XII Science 4 categories never amounted to 9.1% (2 of 22 students), rare categories of 18.2% (4 of 22 students), frequent categories of 54.5% (12 out of 22 students), and categories always amounted to 18.2 % (4 out of 22 students). From the research that has been carried out it can be seen that students from both classes are at the same level of creativity.

Referensi

Agus, M. W. 2013. Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. 2018. Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129-136.

Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. 2018. Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 1-12.

Hidayatullah, Z., Makhrus, M., & Gunada, I. W. 2018. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Gelombang Mekanik Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 151-157.

Istianah, E. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAS) Pada Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 43-54.

Munandar, U. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Muschon. 2013. Statistik Deskriptif. Jakarta: Guepedia.

Pebriyanti, D., Sahidu, H., & Sutrio. 2017. Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 92-96.

Sambada, D. 2012. Peranan kreativitas siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37-47.

Smarabawa, I. G. B. N., Arnyana, I. B., & Setiawan, I. G. A. N. (2013). Pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Sugihartono, Fathiyah, K.N., Setiawati, F. A., Harahap, F., & Nurhayati, S.R. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta, Uny Press.

Sukmadinata, N. S. 2003. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutrio, Fitriani, N., & Gunawan. 2017. Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Berbantuan LKPD, Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 24.

Yoga, R., W. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajara Dan Sikap Kerja Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Pengasih. SKRIPSI. Universitas Negeri Yogyakarta.

Biografi Penulis

Puspa Cantika Riana, Pendidikan Fisika, Universitas Jambi

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).