Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kesadaran Diri Siswa pada Pencemaran Lingkungan

Penulis

El Indahnia Kamariyah , Agus Budiyono

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.2105

Diterbitkan:

2020-12-31

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

the PBL model, the understanding conceptl, self-awareness

Articles

Cara Mengutip

Kamariyah, E. I., & Budiyono, A. (2020). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kesadaran Diri Siswa pada Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 307–313. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2105

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The aim of this research was to determine the effect of the PBL model on studentsââ¬â¢ conceptual understanding and self-awareness on environmental pollution. This research was an experimental research in the form of one group pretest posttest design. Through the PBL model, besides being able to increase studentsââ¬â¢ conceptual understanding, it can also increase self-awareness to protect the environment from pollution. Self-competence improvement in the form on cognitive, psychomotor and affective can be fulfilled. This research was conducted on MTS students in Pamekasan. The data analysis technique was carried out using the MANOVA test with the SPSS 16.0 program after homogeneity and normality tests were carried out. The result showed that the significance value was smaller than the specified alpha, 0.05. it shows that the PBL model has a positive and significant effect on studentsââ¬â¢ conceptual understanding and self-awareness.

Referensi

Anindyta, P., & Suwarjo, S. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Regulasi Diri Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2720

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906

Fluerentin, E. (2012). Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan Kaitannya Dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang Bk Pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal).

Radiko, E., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.581

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Suryawan, IMY, Santyasa, IW &Gunadi, I. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Pencapaian Prestasi Belajar Fisika. MIMBAR PENDIDIKAN. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16969

Wasiso, S. (2013). Implementasi Model Problem Based Learning Bervisi Sets Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Dan Kebencanaan Oleh Siswa. Journal of Innovative Science Education.

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. JURNAL LUMINOUS: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37ââ¬â44.

Biografi Penulis

El Indahnia Kamariyah, Universitas Islam Madura

Nama saya El Indahnia Kamariyah, S.Si, M.Si. Lahir di Pamekasan tanggal 31 Agustus 1985. Menempuh pendidikan S1 tahun 2003 di ITS Surabaya jurusan Fisika Fakultas MIPA. Lulus tahun 2007. Melanjutkan S2 di ITS kembali pada tahun 2009 dengan dana beasiswa Kemenag pada jurusan yang sama. Tahun 2016 menjadi dosen tetap yayasan di Universitas Islam Madura Pada prodi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Mengajar mata kulian fisika statistika, fisika matematika 1 dan 2, sejarah fisika. Permah mengajar di MTs Swasta di Pamekasan dari tahun 2008 s/d 2016 (off tahun 2009-2011 untuk menyelesaikan pendidikan S2).

Agus Budiyono, Universitas Islam Madura

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.