Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016

Penulis

Nurmayani Nurmayani , Muhammad Zulfikar Syuaib , Jannatin ‘Ardhuha

DOI:

10.29303/jpft.v2i1.283

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2016): Januari

Kata Kunci:

VAK learning Styles, Problem-Based Learning Model, Learning Outcomes.

Articles

Cara Mengutip

Nurmayani, N., Syuaib, M. Z., & ‘Ardhuha, J. (2017). Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(1), 13–21. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.283

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This àquasi-experimental research aims at revealing (1) the effect of àPBL learnings model on physics sciences studentââ¬â¢s learning outcomes (2) the effect of àVAK learning styles on physics sciences studentââ¬â¢s learning outcomes (3) the interaction effects between learnings model with learning style on physics sciences studentââ¬â¢s learning outcomes. The population is all students of SMP Negeri 2 Narmada grade VIII consisting of 87 students, and 59 of which were used as samples that were chosen by purposive sampling technique. The research design used 2 x 3 factorial design and data were analysed by using two ways Anova at significant level ñ of 0.05. The results àindicated that: (1) PBL learningââ¬â¢s model has an effect on àthe physics science studentââ¬â¢s learning outcomes as shown by a higher Fcount in comparison to Ftable (21.15 and 4.02, respectively); à(2) learning styles has an effect on physics sciences studentââ¬â¢s learning outcomes as shown by a higher Fcount in comparison to Ftable (5.39 and 3.17, respectively); (3) an interaction effect does exist between the learning model with learning style on physics sciences studentââ¬â¢s learning outcomes up to 50.2 % àas shown by a higher Fcount in comparison to Ftable with values of 16.13 and 3.17, respectively.

Referensi

Dick, W and Carey, L. 2005. The Sistematyc Design of Insruction. Glenview, Iilnois: Scoot, Foresmen and Company.

Deporter, B and Hernacki, M. 2013. Quantum Learning (Penerjemah: Abdurrahman, A.). Bandung: Kaifa.

Rusman, 2010. Model - Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arends, R. I, and Kichler Ann. 2010. Teaching for Student Learning Becoming an Accomplished Teacher. Newyork: Routledge Taylor dan Francis Group.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Westwood, P. 2008. What Teachers Need to Know about Teaching Methods .Australia: Acer Press.

Susilo, D. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta : Pinus.

Pribadi, B. A. 2011. Model ASSURE Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat.

Siagian, S dan Tanjung, P. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Teknologi pendidikan:195.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2007. Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP. Jakarta: DEPDIKNAS.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surjono, H., dan Wulandari, B. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3: Nomor 2.

Susilo, D. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.

Tanta. 2010. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cendrawasih. Kreatif Jurnal Kependidikan Dasar:Volume, Nomor 1.

Halim, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED Vol 9. No 2. 149.

Puspicahyani, I. 2006. Pengaruh Kesiapan Belajar, Pola Asuh Orang Tua dan Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas III Semestet 1 SMP Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2005/2006. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.