Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Menggunakan Model Guided Inquiry di MTS Laboratorium Kota Jambi
DOI:
10.29303/jpft.v2i4.304Diterbitkan:
2017-04-22Terbitan:
Vol 2 No 4 (2016): OktoberKata Kunci:
Lesson study, model guided inquiry, learning outcomesArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Based on the observation do in MTS Laboratorium Kota Jambi, many of the content of physics learning should be taught with practical or use of instructional media done not because many of factors. It is because of practical limitations of the tools or ÃÂ no advanced media available . It ÃÂ would not be allowed , its solution must be sought in order to study physics can be do ÃÂ accordance with the curriculum indicator. This research offers a solution with collaborative learning based on lesson study using model guided inqury. Lesson study do in MTS Laboratorium Kota Jambi increased from 90 % to 100 % in the first cycle and 66.67 % completing ÃÂ in the second cycleÃÂReferensi
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2005. Menjadi Dosen Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. Dr. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Djamarah dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hammer, D., 1996, More Than Misconceptions: Multiple Perspectives on Student Knowledge and Reasoning, and an Appropriate Role for Education Research, Am. J. Phys., 64(10), pp. 1316 - 1325.
Sheal, Peter, 1989. How to Develop and Present Staff training Courses. London : Kogain Page Ltd
Sadiman, Arief S. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Sugiyono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfa Beta
Sukayati, 2003. Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Yogyakarta: Depdiknas.
Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).