Studi Tentang Sikap Belajar Siswa Pada Masa Transisi Dari Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Tatap Muka dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa
DOI:
10.29303/cep.v6i2.5068Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Learning attitudes, online learning, face-to-face learning, learning outcomesArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sikap belajar siswa SMA Negeri 1 Sakra pada masa transisi dari pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka, (2) Hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Sakra pada masa transisi dari pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka, (3) Ada atau tidak ada hubungan antara sikap belajar siswa dan hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Sakra pada masa transisi dari pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 99 siswa. Sampel penelitian sebanyak 79 siswa dengan menerapkan teknik proporsional random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang telah divalidasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian sikap belajar siswa berkategori baik dengan skor rata-rata sebesar 84,89 dan hasil belajar kimia berkategori kurang baik dengan skor rata-rata sebesar 61,83. Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi y = 30,702 + 0,3658x dengan hasil pengujian signifikan dan linier. Uji koefisien korelasi didapatkan rxy = 0,2998 > rtabel = 0,2213 artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap belajar siswa dengan hasil belajar kimia. Koefisien determinasi kedua variabel sebesar 8,99%, artinya sikap belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar kimia sebesar 8,99%.
References
Aswat, Hijrawati., Eka Rosmitha Sari., Nur Meliza., Mitha Kasih La Ode Onde. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(6), 4401-44012.
Fauzan, F., Maksum, H., Purwanto, W., Indrawan, E. (2021). Hubungan Sikap Belajar dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO). Jurnal Mimbar Ilmu. 26(1), 45-51.
Jaemudin, Frederik DE., Alberta Parinters Mangkur., Ferdinandus A. Ali. (2019). “Hubungan Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 6 Langke Rembong”. Jurnal Of Honai Math. 2(1), 1-11.
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.
Susanto, Achmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan. 7(1), 50-62.
Author Biographies
Baiq Sari Supriantini, Baiq Sari Supriantini
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
License
Copyright (c) 2023 Baiq Sari Supriantini, I Nyoman Loka, Muti'ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).