Pengembangan Media Demonstrasi Kimia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pemisahan Kimia Melalui Lesson Study

Muti'ah Muti'ah, I Nyoman Loka, Muntari Muntari

Abstract

Penelitian ini tentang penerapan media demonstrasi kimia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pemisahan Analitik. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus melalui pendekatan Lesson Study  yang terdiri dari perencanaan/plan, pelaksanaan-observasi/do, dan refleksi/see.Pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil wawancara yang bersifat kolaboratif dalam diskusi antar tim pada kegiatan plan, do dan refleksi, serta data hasil belajar mahasiswa. . Hasil analisis data dalam kegiatan plan dan see selama 2 siklus menunjukkan adanya perubahan dinamis yang ditunjukkan oleh: (1) perubahan sikap positif tim pengajar: terbentuk rasa kolegalitas, bersikap terbuka, belajar dari pengalaman nyata, adanya kerjasama untuk  mengembangkan, saling membagi ide baru dan membuktikannya. (2) Ditemukannya 4 formulasi efektif dalam penggunaan media demonstrasi kimia–gambar power point yaitu: penguasaan materi, terjangkau seluruh mahasiswa, sinkronisasi hasil demonstrasi–gambar pada power point, dan ketersediaan waktu. (3) Adanya peningkatan perhatian, aktivitas, dan motivasi dalam pembelajaran. (4) adanya  peningkatan pemahaman mahasiswa dalam mengidentifikasi fasa gerak dan fasa diam, mengevaluasi terjadinya pemisahan komponen, dan interpretasi data percobaan dari 51 hingga 82 pada siklus I dan dari 49 menjadi 84 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam mengembangkan media demonstrasi kimia pada  pembelajaran Pemisahan Analitik yang berkualitas 

Keywords

Demonstrasi Kimia, Kualitas Pembelajaran, Lesson Study

Full Text:

PDF

References

Baddock, M. & Bucat, R. (2008). Effectiveness of a classroom chemistry demonstration using the cognitive conflict strategy. International Journal of Science Education. 30(8), 1115-1128.

Buncick, M.C., Betts, P.G., & Horgan, D.D. (2001). Using demonstrations as a contextual road map: enhancing course continuity and promoting active engagement in introductory college physics. International Journal of Science Education. 23(12), 1237-1255.

Bowen, C. W., & Phelps, A. J. (1997). Demonstration based cooperative testing in general chemistry: Abroader assessment-of-learning technique. Journal of Chemical Education, 74(6), 715-719

Cochran-Smith, M. and S. L. Lytle. (2001). “Beyond Certainty: Taking an Inquiry Stance on Practice.” In A. Lieberman, and L. Miller. (eds.). Teachers Caught in the Action: Professional Development that Matters. New York: Teachers College Press.

Chiappetta, E.L., & T.R. Koballa. (2002). Science instruction in the middle and secondary schools. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall

Clermont, C.P., Borko, H., & Krajcik, J.S. (1994). Comparative study of the pedagogical content knowledge of experience and novice chemical demonstrators. Journal of Research in Science Teaching. 31(4), 419-441.

Chokshi, S. & C. Fernandez. (2005). “Reaping the systemic benefits of lesson study: Insights from the U.S.” Phi Delta Kappan 86 (9): 674-681.

Hendayana. (2006). Lesson Study: Suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan Pendidik (Pengalaman INSTEP JICA: UPI Press

Miller, T.L. (1993). Demonstrationexploration-discussion: Teaching chemistry with discovery and creativity. Journal of Chemical Education 70 (3): 187-89.

Milne, C. & Otieno, T. (2007). Understanding engagement: Science demonstrations and emotional energy. Science Education. 91(4), 523-553.

Meyer, L. S., Schmidt, S., Nozawa, F., Panee, D., & Kisler, M. (2003). Using demonstrations to promote student comprehension in chemistry. Journal of Chemical Education. 80(4), 431-435.

Muti’ah, Siahaan J., & Sukib. (2016). Efek Demonstrasi Kimia yang Dimodifikasi Dimodifikasi Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Topik Elektrokimia, J. Pijar MIPA, Vol. XI No.2, September 2016: 81-86

Muti’ah, Siahaan J., & Sukib. (2017). Media Demonstrasi Kimia Yang Dimodifikasi Dimodifikasi Untuk Mengatasi Miskonsepsi Mahasiswa Pada Topik Sel Ellektrokimia, J. Pijar MIPA, Vol. XII No.1, Maret 2017: 25-31

Lewis, C. (2004). “Lesson study.” In L. B. Easton. (ed.). Powerful design for professional learning. Oxford. OH: National Staff Development Council, 135-148.

Putnam, R. T. and H. Borko. (2000). “What do you new view of knowledge and thinking have to say about research on teacher learning?” Educational Researcher 29 (1): 4-15.

Pierce, D. T., & Pierce, T. W. (2007). Effective use of demonstration assessments in the classroom relative to laboratory topics. Journal of Chemical Education. 84(7), 1150-1155

Roadmck. M. D. (1993). Chemical demonstrations: leaming theories suggest caution, Journal of Chernical Education. 70, 1025 - 1028.

Shepardson, D. P., Moje, E. B., & Kennard-McClelland, A.M. (1994). The impact of a science demonstrationon children’s understanding of air pressure. Journal of Research in Science Teaching, 31(3), 243-258

Shakhashiri, B. Z. (1992). Chemical demonstrations: a handbook for teachers of chemistry, volumes 1-5. Madison, WI: University of Wisconsin Press.

Saito, E., H. Harun, Ibrohim, I. Kuboki, & H. Tachibana. (2006). Development of school based in-service teacher training under the Indonesian Mathematics and Science teacher Education Project. Improving School, 9(1): 47 – 59.

Stewart, R. A. & J. L. Brendefur. (2005). “Fusing lesson study and authentic achievement: A model for teacher collaboration.” Phi Delta Kappan 86 (9): 681-687.

Sund. R. B.. dan L.W. Trowbridge. 1973. Teaching science by inquiry in the secondaw school ( 2nd ed.): Charles E. MerriIl Publishing Company. A Bell & HoweIl Company.

Tanis, D. O. (1984). Why 1 do dernonstr;itions. Journal of Chemical Education. 6 1. 10 10 - 1011.

Taylor, C. A. (1988). The art and science of lecture demonstration. New York: Taylor & Francis Group.

Valcarcel, M. (1992). A modern defi nition of analytical chemistry. Trends Anal. Chem.Vol. 16,:124-131

Valcarcel, M. & M.D. Luquede Castro. (1995). A hierarchical approach to analytical chemistry. Trends Anal. Chem.Vol..14, :.242-250

Wenzel, T.J. (1995). “A new approach to undergraduate analytical chemistry”, Anal. Chem.Vol.67:.470-475

Wenzel, T. J. (1998). Cooperative group learning in undergraduate analytical chemistry. Analytical Chemistry, 70(23), 790A-795A

Refbacks

  • There are currently no refbacks.