The Effect Of Guided Inquiry Learning Model on Students Scientific Attitude in Class XI MIPA SMAN 3 Mataram
Authors
laeily alviani , Agus Abhi Purwoko , Muti'ah Muti'ahDOI:
10.29303/cep.v7i2.6770Published:
2024-12-04Issue:
Vol. 7 No. 2 (2024): Edisi NovemberKeywords:
Guided Inquiry, Scientific Attitude, thermochemistryArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah siswa pada materi termokimia di kelas XI MIPA SMAN 3 Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Mataram. Pemilihan atau pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode sebagai berikut: (1) angket dan (2) observasi. Hasil uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa thitung (2,16) > ttabel (1,67) pada taraf signifikan 5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah siswa pada materi termokimia kelas XI SMAN 3 Mataram.
References
Anisah, Norma., Irfai dan Imaniar. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Guided Inquiry Based Learning Berbantuan Media Kartu Soal pada Tema 6 Kelas V SD Boloagung 02 Pati. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 87–94.
Anwar, Herson. 2009. Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu. 2(5).
Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2021). Pengembangan Rubrik Keterampilan Praktik dan Sikap Ilmiah pada Praktikum Biokimia: Kajian Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 121–128. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2347
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darsono. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah dengan Metode Inquiry. Jurnal Sosialita, 12(2), 209–224.
Dinda, L., Utami, B., & Saputro, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Media Diagram V untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 236. https://doi.org/10.20961/jpkim.v8i2.27324.
Henrliniar, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan pada Manusia. Berajah Journal, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.192
Inayah, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual Materi Sel Volta Kelas XII MIPA 4 SMAN 1 Bumiayu. Dialektika, 7, 121–130.
Julimah., Winarni, E. W., & Hmbali, D. H. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 9 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 53–61. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.12305
Mahrun, & Ardiansyah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(2), 16–27. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.73.
Mariani, Natalina., Yustini Yusuf dan Ermadianti. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 14 Pekanbaru Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Biogenesis, Vol. 9, 2013, h. 32.
Muliani, A., Suastra, i wayan, & Suswandi, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XI SMA Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 9(1), 55–62.
Mutiah, M., Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., Idrus, S. W. Al, & Junaidi, E. (2022). Penerapan Model Praktitikum Terintegrasi Problem Based Learning (PTPBL) untuk Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Praktikum Pemisahan Analitik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.950
Octaviani, D., Murda, I. N., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah. Mimbar Ilmu, 24(3), 364.
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21678.
Pandu, V. K. (2021). Pengaruh Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 5 Kupang. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2), 70-84.
Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49.
https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724.
Putri, S. K., & Gumala, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2993–3003.
Putri, Y. E. E., Lesmono, A. D., & Nuraini, L. (2022). Profil Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 42–50. https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.14247
Rahmawati, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran STAD dan Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah di SMA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 35–45. https://doi.org/10.24905/psej.v4i1.56
Sadia, I Wayan. (2014). Model- Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suryani, D. I., & Suryani, D. I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Open Inquiry dan Guided Inquiry Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMP Pada Tema Suhu dan Perubahan. Edusains, 7(2), 127–134. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1628
Widyani, N. L. S., & Parmiti, D. P. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di SD Negeri 3 Banjar Jawa. Journal of Education Action Research, 2(1), 49-57.
https://doi.org/10.23887/jear.v2i1.12286.
Zurotunisa, A., Habiddin, & Suryadharma, I. B. (2017). Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawang pada Materi. Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK), 01(02).
License
Copyright (c) 2024 laeily alviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).