Analisis Hubungan Antara Sikap dan Prestasi Belajar Kuliah Online pada Mata Kuliah Pemisahan Analitik Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
DOI:
10.29303/cep.v6i1.2927Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
Sikap belajar, prestasi belajar, kuliah online, hubunganArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara sikap dan prestasi belajar kuliah online pada mata kuliah pemisahan analitik mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP di Universitas Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 75 mahasiswa dengan dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas A, B, dan C, sedangkan sampelnya adalah sebanyak 19 dengan menggunakan rumus Slovin dari mahasiswa kelas B dan C yang diambil secara acak. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket sikap belajar dan dokumentasi prestasi belajar kuliah online. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukan nilai koefisien korelasi antara variabel sikap belajar dan prestasi belajar kuliah online sebesar 0,20; koefisien determinasi = 4%; dan thitung = 0,71 < ttabel= 1,729. Hasil uji persentase yang di peroleh yaitu untuk sikap belajar sebesar 63% dengan rincian yaitu besarnya pengaruh sikap mahasiswa dari aspek kognitif 64,91% mahasiswa mempunyai sikap yang tinggi dan 35,09% mahasiswa mempunyai sikap yang rendah. Besarnya pengaruh sikap mahasiswa dari aspek afektif 65,19% mahasiswa mempunyai sikap yang tinggi dan 34,81% mahasiswa mepunyai sikap yang rendah. Besarnya pengaruh sikap dari aspek konatif 65,04% mahasiswa mempunyai sikap yang tinggi dan 34,96% mahasiswa yang mempunyai sikap yang rendah, sedangkan persentase untuk prestasi belajar sebesar 97% dengan rincian untuk kategori prestasi tinggi sebesar P = 88% sedangkan untuk kategori prestasi rendah sebesar P = 12%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap dan prestasi belajar kuliah online pada mahasiswa dengan tingkat korelasi rendah.
References
Hidayat, S., & Asroi. 2013. Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Arifuddin, A. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura.
Siahaan, M., & Sudirman. 2003. E-learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Depdiknas.
Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI). No.1: 73-80.
Slameto. 1998. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Soleha. 2018. Hubungan Antara Sikap Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Dipawangi. PRISMA. 7 (1). 113-122.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Jakarta: PT. Rineka Cipta. (1992). Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.
Walgito, B. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.
Author Biographies
Muhammad Khaerul Anam, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Khaerul Anam, Burhanuddin Burhanuddin, Saprizal Hadisaputra, Muntari Muntari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).