Perbandingan Minat Belajar Metodologi Penelitian Pada Pembelajaran Berbasis Web Antara Yang Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dengan Google Meet Pada Mahasiswa

Authors

Mohamad Wildane Ganevo , I Nyoman Loka , Jackson Siahaan , Muti'ah Muti'ah

DOI:

10.29303/cep.v5i2.2999

Published:

2022-11-30

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi November

Keywords:

minat belajar, metodologi penelitian, deskriptif komparatif, whatsapp, google meet.

Articles

How to Cite

Ganevo, M. W., Loka, I. N., Siahaan, J., & Muti’ah, M. (2022). Perbandingan Minat Belajar Metodologi Penelitian Pada Pembelajaran Berbasis Web Antara Yang Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dengan Google Meet Pada Mahasiswa. Chemistry Education Practice, 5(2), 239–244. https://doi.org/10.29303/cep.v5i2.2999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat  perbedaan minat belajar mahasiswa pada matakuliah Metodologi Penelitian pada pembelajaran berbasis web antara yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Meet di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI tahun akademik 2019/2020 yang memprogramkan matakuliah Metodologi Penelitian dengan total keseluruhan 76 mahasiswa dan sampel penelitian adalah sebanyak 50 mahasiswa terdiri dari 25 mahasiswa pengguna WhatsApp dan 25 mahasiswa pengguna Google Meet. Data berupa minat belajar yang diperoleh dari seluruh sampel dianalisis dengan uji t polled varians dan diperoleh nilai thitung 0,449 lebih kecil dari nilai ttabel 1,676 yang menunjukan tidak ada perbedaan signifikan antara minat belajar metodologi penelitian pada pembelajaran berbasis web antara yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Meet. Dilakukan uji hipotesis dan menunjukan nilai Fhitung 1,33 lebih kecil dari Ftabel 1,96 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol dapat diterima yang menunjukan bahwa tidak ada perbedaan minat belajar mahasiswa pada matakuliah Metodologi Penelitian berbasis web antara yang menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Meet.

References

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis blended learning pada mata pelajaran etimologi multimedia. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152-165.

Izzah, A. (2021). Pengembangan Web Company Profile Terintegrasi Dengan Api Whatsapp (Studi Kasus: Agen Sembako Al-Barkah). INFOTECH journal, 7(1), 40-44.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk siswa kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.

Kurniawansyah, A. S. (2020). Kolaborasi Whatsapp Group, Zoom Cloud Meeting, Dan Google Drive Sebagai Formula Dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Infotama, 16(2).

Mutia, I., & Leonard, L. (2015). Kajian penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278-289.

Pranajaya, P., & Wicaksono, H. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (Wa) Di Kalangan Pelajar: Studi Kasus Di Mts Al Muddatsiriyah Dan Mts Jakarta Pusat. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(1).

Putri, E. A. R. (2021). Perbedaan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Platform Whatsapp Group dan Google Meet pada Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4456-4469.

Rajab, A., Masruhim, M. A., & Widiyowati, I. I. (2018). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SMA menggunakan model pembelajaran numbered head together dengan bantuan media papan tempel pada pokok bahasan tata nama senyawa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 39-44.

Rivai, I. N. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa PGMI di Tengah Pandemi Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 168-179.

Rusmiati, R. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL FATTAH Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1(1), 21-36.

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi daring, video conference dan sosial media pada mata kuliah komputer grafis 1 di masa pandemi covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Sawitri, D. (2020). Penggunaan google meet untuk work from home di era pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13-21.

Sayidah, N. (2018). Metodologi penelitian disertai dengan contoh penerapannya dalam penelitian. Zifatama Jawara.

Setyoningsih, S. (2015). E Learning: Pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1).

Trisnani, T. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3), 1-12.

Yuliawati, D. R. (2021). Optimalisasi Aplikasi Whatsapp dan Google Meet Untuk Penyampaian Materi Pada Pembelajaran Jarak Jauh. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 62-67.

Author Biographies

Mohamad Wildane Ganevo, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Jackson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Muti'ah Muti'ah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2022 Mohamad Wildane Ganevo, I Nyoman Loka, Jackson Siahaan, Muti'ah Muti'ah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.