Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah

Penulis

Viddy Mega Samudera , Joni Rokhmat , Wahyudi Wahyudi

DOI:

10.29303/jpft.v3i1.337

Diterbitkan:

2017-06-28

Terbitan:

Vol 3 No 1 (2017): Januari - Juni

Kata Kunci:

Predict-Observe-Explain (POE) learning model, scientific attitude, learning outcomes

Articles

Cara Mengutip

Samudera, V. M., Rokhmat, J., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(1), 101–108. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.337

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine: (1) the influence of Predict-Observe-Explain learning model (X1) toward students' physics learning outcomes (Y); (2) the influence of scientific attitude (X2) toward studentsââ¬â¢ physics learning outcomes (Y); (3) the effect of interaction between (X1) and (X2) on (Y). This research type is quasi experiment with factorial 2 x 2. Its population is all students of class XI IPA in SMA Negeri 6 Mataram years 2016/2017. Samples were taken using cluster random sampling technique and class XI IPA 4 as experimental class and class XI IPA 3 as control class. Data were taken using multiple choice tests with five alternative answers (learning outcomes) and questionnaires (scientific attitudes). The result data was analyzed using two way analysis of variance (anava) with 5% significant level. The results show that Fcount for influence (X1) = 4.58, (X2) = 25.92, and interaction between (X1) and (X2) is 0.05 with Ftable = 3.97. For the effects of (X1) and (X2) there is Fcount ââ°Â¥ Ftable whereas the interaction effect between (X1) and (X2) is obtained Fcount <Ftabel. Based on the results of this analysis can be concluded that: (1) there is influence of Predict-Observe-Explain learning model toward studentââ¬â¢s physics learning outcomes; (2) there is influence of scientific attitude toward studentââ¬â¢s physics learning outcomes; (3) there is no interaction effect between Predict-Observe-Explain learning model with scientific attitude toward student physics learning result.

Referensi

Anisa, D. N., Masykuri, M., dan Yamtinah, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explanation) dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa dan Garam Kelas VII Semester 1 SMP N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 16-23.

Anwar, H. (2009). Penilaiain Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu. 2(5), 103-114.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Companies.

Astuti, R., Sunarno, W., dan Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Ekperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 1(1), 51-59.

Gunada, I. W., Sahidu, H., dan Sutrio, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Harjono, A., Jufri, A. W., dan Arizona, K. (2016). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 15-23.

Karamustafaoßlu, S., dan Naaman, R. M. (2015). Understanding Electrochemistry Concepts using the Predict-Observe-Explain Strategy. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5), 923-936.

Nurmayani, N., Syuaib, M. Z., dan Ardhuha, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 13-21.

Puriyandari, D., Saputro, A. N. C., dan Masykuri, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Observation and Explaination (POE) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Menigkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA1 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3(1), 24-30.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Warsono dan Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>