Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Fisika Matematika II Pokok Bahasan Persamaaan Diferensial Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis

Penulis

I Wayan Gunada , Joni Rokhmat , Hikmawati Hikmawati , Kesipudin Kesipudin

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.414

Diterbitkan:

2017-12-21

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

compilation, differential equations, mathematical reasoning

Articles

Cara Mengutip

Gunada, I. W., Rokhmat, J., Hikmawati, H., & Kesipudin, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Fisika Matematika II Pokok Bahasan Persamaaan Diferensial Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 216–227. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.414

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to develop and produce teaching materials compilation of mathematical physics II on the subject of differential equations. Teaching materials that have been developed in the form of teaching modules. The research method used is a development study consisting of four stages: the stage of determination, design, development, and disseminate. The results obtained from this research are in the form of teaching module of mathematical physics II differential equation and its application. The teaching module generated in terms of feasibility aspects of content, presentation, and linguistics obtained amean score is 92.5 with a percentage is 79.74%. This shows that the teaching module that has been created as good and feasible to use. It can be categorized effective as measured by the impact of student activities, responses, and value of students reasoning abilities. The impact of student activity seen during the learning process after using the module is 73.59% and the student activity is categorized much or quite practical. The percentage of students' response after using the module was 80.1% and categorized well. The impact on the mathematical reasoning ability meanscore of the class 70.87.à This shows that the teaching module that has been created can beà categorizedeffetive. Thus, it can be concluded that the teaching module compilation of mathematical physics II the subject of differential equations and their applications can be said to be effective and feasible to use.

Referensi

Arjudin. 2005. Persamaan Diferensial. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram.

Amilia, T. N., Andriani, N., Zulherman. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Cetak Mata Kuliah Fisika Matematika Pokok Bahasan Bilangan Kompleks di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran.Fisika.Dari://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/3851.

Ellianawati, & Wahyuni, S. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2),33-40.

Farman. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VII . Prosiding. Seminar Nasional IKA IKIP Mataram Epistimologi Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia (494-513).

Fatmaryanti, D.,S. 2014. PeningkatanAktivitas dan Hasil Belajar Fisika Matematika I Dengan Metode Brainstorming dan Tutor Teman Sebaya, JRKPF, 1(1).

Gunada, I. W., Sahidu, H., Sutrio. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 38-46.

Habibi, & Herayanti, L., 2016. Pengembangan Buku Ajar Fisika Dasar I Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Memotivasi Mahasiswa Untuk Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(4), 154-158.

Lestari, D. 2013. Diktat Persamaan Diferensial. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas MIPA. Universitas Negeri Yogyakarta

Murdiyanto, T. 2016. Pengembangan Bahan Perkuliahan Kompilasi Mata Kuliah Persamaan Diferensial Elementer Prodi Pendidikam Matematika. Prosiding. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNMPPI) Universitas Muhammadyah Surakarta. 12 Maret 2016.

Nuraeni, Z. 2017. Aplikasi Persamaan Diferensial dalam Estimasi Jumlah Populasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 9-16.

Young, H. D., & Freedman, R. A., Sadin, T. R., Ford, A. L. 2003. Fisika Universitas. Terjemahan Pantur Silaban. Jakarta: Erlangga.

Septian, A. 2014. Pengaruh Kemampuan prasyarat Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Matakuliah Analisis Real. Jurnal Kajian Pendidikan. 4(2), 179-188.

Suharnan.2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Penerbit Srikandi.

Wahyudi. 2015. Analisi Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Hukum Ohm dan Kirchoff dalam Matakuliah Elektronika Dasar I. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(2), 129-134.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >> 

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.