Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik di SMAN 3 Mataram

Penulis

Yuli Yuli , Hairunnisyah Sahidu , Syahrial Ayub

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.455

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

NHT, cooperative learning model, creative thinking ability

Articles

Cara Mengutip

Yuli, Y., Sahidu, H., & Ayub, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik di SMAN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 49–55. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.455

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract ââ¬â This study aimed to find out the effect of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) LKPD aided in the ability to think creatively physics learners in SMAN 3 Mataram. Type of research used quasi-experiment with non-equivalent research design or untreated control group design with pre-test and post-tes. The population of all students of class XI MIA SMAN 3 Mataram, amounting to 349 people. Sampling research using purposive sampling technique, so selected XI class MIA 3 as experimental class and XI MIA 4 as a control class. The experimental class was given treatment in the form of cooperative learning model of NHT type supported by LKPD and control class was given treatment in the form of direct teaching model. The data collection of creative thinking ability is done by the form of a description test as many as 10 questions consisting of 7 questions of verbal creativity and 3 figural creativity questions. Creativity data was analyzed by using t-test polled variance at 5% significant level with degrees of freedom 73. The results of research on the influence of cooperative learning model type NHT assisted LKPD on the ability of creative thinking physics learners obtained tcontinue > t(0,05;73) = 3,63 > 2,00. Based on the results of this analysis can be concluded that cooperative learning model type NHT aided LKPD effect on the ability of creative thinking physics learners in SMAN 3 Mataram.

Referensi

Arief, M. F. M. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Mekanika Teknik dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan. 1(1): 148-152.

Ekasari, R.R., Gunawan, dan Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(3): 107.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student's Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan, (2), 167-179.

Hikmawati. 2013. Strategi Pembelajaran Fisika. Mataram: FKIP Press.

Nur, M., Sahidu, H., dan Kosim. 2017. Pengaruh Model Pemecahan Masalah Polya Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Fisika Peserta Didik SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 161.

Rahmawati, D., Nugroho, S. E., dan Putra, N. M. D. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. 3(1): 40-45

Siregar, R. W., Djamas, D., dan Nurhayati. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 7 Padang. Pillar of Physics Education. 1(1): 71-76.

Susanti, F., Ayub, S., dan Taufik, M. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Kartu Soal dengan Model Pembelajaran Direct Instruction di SMAN 7 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(4): 147-152.

Yusro, A. C. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fsika Berbasis Sets Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian Fisika Kependidikan (JPFK). 1(2): 61 66.

Biografi Penulis

Yuli Yuli, Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.