Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ikatan Kimia
DOI:
10.29303/cep.v6i1.3327Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
Keterampilan berpikir kritis, video pembelajaran, ikatan kimia.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan desain 4D yang dibatasi menjadi tiga tahapan yaitu define, design, dan depelovement. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa X SMAN 1 Narmada yang diambil menggunakan tehnik simple rundom sampling terdiri atas 15 siswa X MIPA 3 dan 15 siswa X MIPA 4. Hasil penilaian kelayakan oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken V diperoleh nilai V= 0,79 yang menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual pada materi ikatan kimia valid untuk diujicobakan. Hasil uji kepraktisan dapat diperoleh dari angket respon siswa yang menunjukkan rata-rata kepraktisan untuk semua komponen sebesar 89% yang berarti bahwa video pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Sementara itu, video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan yang ditunjukkan dengan hasil uji-t (ÃÂ = ).
References
Amir, M.F. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 34-42. Sidoarjo: 24 Oktober 2015.
Asmara, A. P. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual tentang Pembaatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2): 156-178.
Aziz, A; Rokhmat, J; dan Kosim,K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3): 200-204.
Desrina, T. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Flash Berorientasi Pendekatan Kontekstual Komponen Learning Community Pada Materi Koloid. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Faizin, M. 2013. Ragam Metode Mengajar Ekstra pada Murid. Yogyakarta: DIVA Press.
Handayani, D. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respir Indonesia, 40(2): 119-129.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Menyiapkan Pembelajaran di Masa Pandemi: Tantangan dan Peluang.https://spab.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2020/07/Menyiapkan-Pembelajaran-di-Masa-Pandemi-1.pdf. Diakses pada tanggal 18 Mei 2021.
Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Muntari; Haris, M; Sukib; Yanti, E. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing(Guided Discovery) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMAN 4 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(2): 100-105.
Novita, P.R. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di Kelas XI SMAN Aceh Barat Daya. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-raniry Darussalam.
Padmanaba, I Ketut Gede; Kirna, I Made; Sudria, I.B.Nyoman. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kimia Koloid Berbantuan Komputer untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1): 15-24.
Putra, F. R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Berbasis Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi. Padang: STKIP PGRI Sumatra Barat.
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Author Biography
ela latifa, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 ela latifa, Muntari Muntari, I Nyoman Loka, Burhanuddin Burhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).