Pengukuran Prestasi Belajar Struktur Atom Menggunakan Instrument Two Tier Test pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
DOI:
10.29303/cep.v6i1.3530Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
Prestasi Belajar, Instrumen Two Tier Test, Struktur AtomArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengukuran prestasi belajar struktur atom mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram menggunakan instrumen Two Tier Test. Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Tahun Angkatan 2020 kelas B sebanyak 26 orang. Uji validitas ahli menunjukkan kedua validator memberikan penilaian valid terhadap instrumen soal dengan masing-masing nilai V sebesar 0,67 dan 0,83. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata persentase penggolongan pemahaman konsep pada item paham konsep dan menebak tergolong dalam kriteria sedang, sedangkan pada item miskonsepsi dan tidak paham konsep tergolong dalam kriteria rendah. Sementara itu, nilai total prestasi belajar siswa yaitu sebesar 66,84. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan instumen two tier test dapat mendeskripsikan hasil pengukuran prestasi belajar struktur atom mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram yaitu tergolong dalam kriteria baik.
References
Adams K., 2012. Beginning Chemistry Teachers Use of the Triplet Relationship During their First Three Years in the Classroom. Arizona: Arizona State University.
Anas S., 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto S, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Maftuhah F., 2011. Identifikasi Miskonsepsi dalam Konsep Dinamika Partikel Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo. Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Nabilah, Andayani Y, dan Laksmiwati D., 2013. Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Mataram Menggunakan One Tier dan Two Tier Test Materi Kelarutan d an Hasil Kali Kelarutan. J.pijar MIPA. 8 (2): 64-69.
Nakiboglu C., 2003. Instructional Misconception of Turkish Propective Chemistry Teachers about Atomic Orbital and Hybridization. Chemistry Education: Research and Practice. 4(2): 171-188.
Nurbaity dan Mustikasari I., 2012. Analisis Penguasaan Konsep Ikatan Kimia Pada Mata Kuliah Kimia Organik Melalui Instrument Two Tier Test. JRPK. 2 (1): 99-106.
Purnamasari M, Agung S J S dan Nungroho C S., 2013. Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Make A Match (MM) Pada Materi Koloid Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (1) :67-72.
Rahmah R, Yamtinah S, dan Saputro S., 2015. Instrumen Two Tier Test Aspek Pengetahuan untuk Mengukur Ketrampilan Proses Sains (Kps) Pada Pembelajaran Kimia Untuk Siswa Sma/Ma Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia. 4 (4): 147-155.
Ramadhan G P D, dan Wahyuni S., 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep dan Fenomena Kuantum Siswa SMA di Kabupaten Cilacap. UPEJ. 7 (3): 86-90.
Rosyid Z M, Moh M, dan Aminol A R., 2019. Prestasi Belajar. Sumedang: Literasi Nusantara.
Suryani E, Rusilowati A, dan Wardono., 2016. Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. JPE 5 (1): 56-65.
Wardani K R, Yamtinah S, dan Mulyani B., 2015. Instrumen Penilaian Two Tier Test Aspek Pengetahuan Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Pembelajaran Kimia Untuk Siswa SMA/MA Kelas X. jurnal pendidikan kimia. 4 (4): 156-162.
Wardhani K P Ndan Fajaroh F., 2016. Studi Pemahaman Konsep dan Miskonsepsi Calon Guru Kimia Pada Topik Struktur Atom Menggunakan Instrumen Diagnostik Two Tier Test. Jurnal Pembelajaran Kimia. 1 (2): 38-41.
Author Biographies
diana aksara, Universitas Mataram
Jeckson Siahaan, Universitas Mataram
Mukhtar Haris, Universitas Mataram
Burhanuddin, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 diana aksara, Jeckson Siahaan, Mukhtar Haris, Burhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).