Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Powerpoint Ispring Suite Pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pembelajaran Mandiri

Authors

Itsna Hasanah , Jeckson Siahaan , Muntari Muntari , Burhanuddin Burhanuddin

DOI:

10.29303/cep.v6i1.4353

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

Motivasi Belajar, Media Pembelajaran Kimia, Powerpoint iSpring Suite

Articles

How to Cite

Hasanah, I., Siahaan , J. ., Muntari, M., & Burhanuddin, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Powerpoint Ispring Suite Pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pembelajaran Mandiri . Chemistry Education Practice, 6(1), 78–85. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.4353

Abstract

Penelitian pengembangan (Reaserch and Developement) ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis Powerpoint iSpring Suite dengan  tingkat validitas, praktikalitas dan keeefektifan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop dan Desseminate). Tingkat validitas media pembelajaran kimia yang divalidasi oleh 4 (empat) validator memperoleh nilai V = 0,82 dengan  kategori sangat valid. Tingkat praktikalitas media pembelajaran kimia memperoleh persentase sebesar 82,30% dengan kategori sangat praktis. Tingkat efektivitas media pembelajaran kimia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan hasil analisis n-gain pada kelas ekperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibuktikan dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen sebesar 53% dan kelas kontrol sebesar 30%. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, digunakan uji t dengan hasil thitung = 10,060 > ttabel = 2,0002 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

References

Amini, A., Okra, R., Efriyanti, L., & Supriadi. (2021). Perancangan e-modul ALKI pada mata pelajaran kimia bagi siswa kelas X berbasis mobile di SMAN 1 Mapat Tunggul. Jurnal Penelitan dan Pengabdian Masyarakat, 1(7), 235-250.

Arini, A. D. (2015). Pengembangan modul berbasis pendekatan saintifik sebagai

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103 - 111.

Budiman, I. A., Haryanti, Y. D., & Azizah, A. (2021). Pentngnya media aplikasi android menggunakan ispring suite 9 pada pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 144-150). Universitas Majalengka.

Christian, I. C., Supianto, A. A., & Rokhmawati, R. I. (2019). Pengembangan aplikasi media pembelajaran berbasis website untuk materi laju reaksi di tingkat SMA (studi pada SMA Brawijaya Smart School Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(7), 7051-7059.

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus, 2(1),

Marlina, M., Masnur, M., & Dirga, M. (2021). Aplikasi e-learning siswa SMK berbasis web. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 1-10.

Nurlaela. (2021). Peningkatan hasil belajar IPS melalui iSpring Suite 10 di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 116-123.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Rahmawati, N. L., Sudarmin, & Pukan, K. K. (2013). Pengembangan buku saku IPA terpadu bilingual dengan tema bahan kimia dalam kehidupan sebagai bahan ajar di MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1), 157-164.

Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Media pembelajaran berbasis android menggunakan power point iSpring Suite 9 dengan model POE2WE pada materi teori kinetik gas : Literature Review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako), 8(3), 79-86.

Retnawati, H. (2016). Validitas reliabilitas dan karakteristik (panduan untuk peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Yogyakarta: Paraman Publishing.

Riduwan. (2009). Metode dan teknik menyusun tesis. Bandung: Alfabeta.

Sadiman. (2010). Media pendidikan ‘’pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya’’. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Untari, S. (2008). Pengembangan bahan ajar dan LKS mata pelajaran PKn dengan pendekatan deep dialoque untuk meningkatkan kemampuanberdialog kritis siswa SMA di Jawa Timur. Jurnal Penelitian Kependidikan, 18(1), 154-177.

Author Biographies

Itsna Hasanah, Universitas Mataram

Jeckson Siahaan , Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

License

Copyright (c) 2023 Itsna Hasanah, Jeckson Siahaan , Muntari Muntari, Burhanuddin Burhanuddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.