Analisis Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kimia pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Kota Mataram Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
10.29303/cep.v7i2.3164Published:
2024-12-04Issue:
Vol. 7 No. 2 (2024): Edisi NovemberKeywords:
Hambatan, Pelaksanaan pembelajaran, Pandemi Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran kimia pada masa pandemi Covid-19 dari aspek kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 27 guru kimia di SMA Negeri Kota Mataram. Sampel penelitian ini adalah guru kimia dari 4 SMA Negeri di Kota Mataram dengan jumlah 11 guru yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hambatan pada kegiatan perencanaan pembelajaran yaitu hambatan dalam menentukan metode pembelajaran kimia. Pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran terdapat hambatan dalam penyampaian materi, pengelolaan suasana kelas, dan hambatan dalam mengarahkan peserta didik menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Pada kegiatan evaluasi pembelajaran tidak terdapat hambatan apapun. Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran juga berasal dari peserta didik seperti partisipasi peserta didik yang rendah dan fasilitas pendukung pembelajaran daring yang tidak dimiliki sebagian peserta didik.References
Agustin, Mubiar, Ryan Dwi Puspita, Dinar Nurinten, dan Heni Nafiqoh. (2021). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1), 334-345.
Anwar, Yunita Arian Sani, Syarifa Wahidah Al Idrus, Jeckson Siahaan. (2019). Implementasi Metode Presentasi Pada Tahap Pra Laboratorium Terhadap Kemampuan Menulis Dan Sikap Terhadap Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 5(2), 216-228.
Maharani R, S Istiyati, dan Hadiyah. (2021). Analisis Pengelolaan Kelas Selama Pembelajaran Daring pada Guru Kelas di Sekolah Dasar. Journal of Physics 9(3), 1-6.
Maulah, Sidatul, Farikhatun Nurul A, dan Nofida R. Ummah. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi Terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi 1(2): 49-61.
Mendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) (www.hukumonline.com/pusatdata) 29 Oktober 2021.
Purnomo, B. (2017). Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidik Dasar 2(2):237ââ¬â255.
Saraswati, Ni Luh Putu dan Mertayasa I Nengah Eka. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya 14(2), 144-161.
Septina, Lensi Dwi, Khairun Nisa, dan Siti Istiningsih. (2020). Analisis Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh Oleh Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 41 Ampenan. Primary Education Journal 1(2), 85-89.
Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensido.
Wildan, Aliefman Hakim, Dwi Laksmiwati, dan Supriadi. (2019). Sosialisasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Lingkungan Untuk Guru IPA SMP/MTs Di Lombok Barat Dalam Upaya Mengurangi Laju Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 2(1), 109-113.
Author Biographies
Lina Rahmayanti, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Jeckson Siahaan, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Lina Rahmayanti, Wildan Wildan, Jeckson Siahaan, Yunita Arian Sani Anwar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).