Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Authors

dyah ayu rina sadewi , Eka Junaidi , Saprizal Hadisaputra , Yunita Arian Sani Anwar

DOI:

10.29303/cep.v6i2.4691

Published:

2023-11-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi November

Keywords:

learning motivation, value indicator, expectation indicator, social support indicator

Articles

How to Cite

sadewi, dyah ayu rina, Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Anwar, Y. A. S. . (2023). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 6(2), 205–212. https://doi.org/10.29303/cep.v6i2.4691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi belajar mahasiwa pendidikan kimia pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap seluruh mahasiswa aktif program studi pendidikan kimia Universitas Mataram dengan jumlah sampel 196 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampling kuota. Pengumpulan data motivasi belajar mahasiswa diperoleh menggunakan angket dengan skala Likert yang kemudian disebarkan melalui grup whatsapp dalam bentuk google form. Pernyataan dalam angket motivasi belajar terdiri dari 35 item pernyataan yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan uji validitias ahli dan dihitung menggunakan rumus Aiken’s V. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Aiken’s V adalah 0,84 dimana berdasarkan kriteria penilaian Aiken termasuk dalam kategori sangat valid. Angket motivasi belajar mahasiswa terdiri atas tiga indikator yaitu indikator nilai, indikator ekspektasi dan indikator dukungan sosial yang masing-masing indikator terdiri atas beberapa sub indikator. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari 196 mahasiswa diperoleh 13 orang berada pada kategori kurang baik, 82 orang berada pada kategori cukup baik, 86 orang berada pada kategori baik dan 15 orang berada pada kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil analisis tingkat motivasi belajar mahasiswa pendidikan kimia pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 berada pada kategori baik. Hasil analisis nilai rata-rata per indikator diperoleh nilai rata-rata indikator nilai yaitu 3,044, indikator ekpektasi dan dukungan sosial yaitu 2,805. Jadi, indikator dengan nilai rata-rata paling tinggi adalah indikator nilai.

References

Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cabansag, P., Cabansag, V., & Soriano, R. (2020). Students’ Motivation toward Online Learning: Basis for Policy Making. The ASTR Research Journal, 4(1), 1-1.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuqoha, A. A. N., Budiyono, B., & Indriati, D. (2018). Motivation in Mathematics Learning. Pancaran Pendidikan, 7(1).

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mari, N. A. H. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Geografi, 1(1), 66-76.

Murtiyasa, B., & Amini, A. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1554-1563.

Nur, N. C., & Mustaji, M. (2021). Analysis of Student Learning Motivation with Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(2), 101-111.

Panjaitan, F. F., & Isnayanti, D. (2020). Perbandingan Kesiapan Belajar Mandiri Pada Setiap Angkatan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Anatomica Medical Journal, 3(2), 119-27.

Prawitasari, J. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Terhadap Pembelajaran Daring dengan Bantuan Startup Edukasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Suswandari, M., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-8.

Santika, I.W.E. (2020). Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Saragih, M. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring di Fakultas Keperawatan Universitas Utara. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.

Sarbani, Y. A., & Subandoro, P. S. (2018). Memahami Motivasi Berprestasi dan Manfaat Penggunaan Gawai Bagi Generasi Digital Native. VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi dan Sekretari, 1(2), 32-45.

Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa dengan sistem pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 157-171.

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Author Biographies

dyah ayu rina sadewi, Universitas Mataram

Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

License

Copyright (c) 2023 dyah ayu rina sadewi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.