Pengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Penulis

Al Qoni'ah , Hairunnisyah Sahidu , I Wayan Gunada

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.1778

Diterbitkan:

2020-12-26

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

C-MID, interactive multimedia, concept mastery.

Articles

Cara Mengutip

Qoni’ah, A., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 280–286. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1778

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aimed to examine the effect of cooperative meaningful instructional design assisted interactive multimedia for studentsââ¬â¢ physics concept mastery. This type of research was quasi experiment with untreated control group designed by pretest and posttest.The research population were all students of X MIPA SMAN 1 Gunungsari that has 4 classes. Sampling technique of this research used purposive sampling conducted into two classes, they were X MIPA 1 as the experimental class and X MIPA 2 as the control class. Type test used 20 choice questions. The posttest mean value for concept mastery in experimental class and control class were 70,17 and 63,33. Hypothesis testing of this research used t test. The result of t test showed the value of thitung got 2,47. The value is bigger than ttabel got 2,00. So, the conclusion of this research H0 was rejected and Ha was accepted, meant that there was the effect of cooperative meaningful instructional design assisted by interactive multimedia for studentsââ¬â¢ physics concept mastery.

Referensi

Abbas, M. L. H. 2019. Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 5(2), 270-277.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Peranannnya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Edisi ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Ibrahim, R., Syaodih, S., Nana. 2013. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu

Rosita. 2018. Pengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTsN Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qasadi. 2(2), 13-40.

Samudera, V. M., Joni, R., dan Wahyudi, W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 101-108.

Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 20(1), 65-75.

Sofiya, R., Gunawan, G., Kosim, K dan Hikmawati, H. 2020. The Effect of Guided Discovery Learning Models Assisted by PhET Simulation on the Mastery of Concepts and Studentsââ¬â¢ Capabilities in Solving Physics Problems. Indonesian Journal of STEM Education. 2(1), 48-57.

Suniati, N. M. S., Sadia, I. W., dan Suhandana, G. A. 2013. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif Tehadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. 4(1), 1-13.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wartono, W., Sumarjo, S., Yuliana, T. D. S., dan Batlolona, J. R. 2018. Penguasaan Konsep Fisika disertai Video dengan Menggunakan Model Interactive Demonstration (Levels Of Inquiry). Jurnal Pendidikan Fisika. 6(2), 71-75.

Biografi Penulis

Al Qoni'ah, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Hairunnisyah Sahidu, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

I Wayan Gunada, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.