Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa
DOI:
10.29303/jpft.v1i1.233Diterbitkan:
2017-03-14Terbitan:
Vol 1 No 1 (2015): JanuariKata Kunci:
problem-based learning, scientific attitude.Articles
Unduhan
Cara Mengutip
Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 1(1), 38–46. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Metrik
Metrik sedang dimuat ...
Abstrak
This study aims to develop problem-based learningÃÂ device in terms ofÃÂ validity and student responses. Learning device was developed coveringÃÂ the syllabus, lesson plans, fundamental of physicsÃÂ textbook, exsperiment in fundamental physics , worksheets, and learning outcome test. The expected benefits of this research is the problem-based learning tools that can be used as an alternative to the lecturer of the fundamental of physics learning in FKIPÃÂ Mataram of University.This refers to the process of developing 4D models (define, design, develop, disseminate). The results validate the lecturer learning device consisting of a syllabus, lesson plans, fundamental of physicsÃÂ textbook, experiment in fundamental physics , worksheets, and learning outcome test successivelyobtained scores of 2.65, 2.68, 3.30, 3.25, 2.285 and 3.14 are decent categorized. Student learning outcomes is seen from indicators of student achievement of cognitive learning and experiment processes valueÃÂ row gets a percentage of 76.80%ÃÂ and 78.50%, while the scientific attitudeÃÂ students which amountedÃÂ average value of 76.42 and scientific attitudeÃÂ students can be interpreted good categorized. The positive student responses which amounted to 85.90%. From the validation results, student learning outcomes and student responses can be interpreted decentÃÂ device.Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).