Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram

Penulis

Hidayah Lestari , Syahrial Ayub , Hikmawati Hikmawati

DOI:

10.29303/jpft.v2i3.297

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 3 (2016): Juli

Kata Kunci:

Science Technology Society, Learning Outcomes.

Articles

Cara Mengutip

Lestari, H., Ayub, S., & Hikmawati, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(3), 111–115. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.297

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is a classroom action research (CAR) which aims to improve learning outcomes physics class VIII SMPN 3 Mataram. The sample used in this research is class VIII 3 totaling 30 people, by applying science technology society learning model. Action research consists of four stages: planning, implementation, observation and evaluation, and reflection, while the implementation science technology society learning model is done through the five stages of the preliminary stage, the formation of the concept, application of concepts, strengthening the concept and assessment. This study is successful if students achieve learning outcomes classical completeness 85% with the value of each student reach ââ°Â¥ 75. Based on the evaluation of the obtained value of the average grade in the first cycle of 78.01 with 71.43% classical completeness. In the second cycle learning outcomes of students has increased, with an average grade of 86.02 and classical completeness amounted to 85.7%. Based on the results of this study concluded that by applying science technology society learning model can improve learning outcomes physics class VIII SMPN 3 Mataram according to the five stages above.à

Referensi

Asmirani, U. 2013. Pengaruh LKS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran IPA Fisika Di Kelas VIII SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok. Pillar of Physics Education Vol. 1 Halaman 85-90: Diterbitkan.

Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S. dan Khotimah, K. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Yrama Widya: Bandung.

Dewi, E. B. C. 2014. Pengaruh Aktivitas pada Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal FKIP Universitas Lampung: Tidak Diterbitkan.

Febrianti, V. F. 2013. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat pada Siswa Kelas XA SMA Negeri 2 Dolo. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 1 Halaman 38-41: Diterbitkan.

Gunarto, W. 2014. Upaya Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran Alat-Alat Optik Melalui Pendekatan Saians Teknologi Masyarakat Di Kelas VIII SMPN 3 Belitang Madang Raya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Vol. 1 Halaman 28-32: Diterbitkan.

Poedjiadi, A. 2010. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Siagian, H. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajarkan Dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dan Pendekatan Konvensional pada Materi Pokok Kalor dan Perpindahan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Vol. 20 Halaman 22-29: Diterbitkan.

Sudjana, N. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.

Suprijono, A. 2014. Cooperative Learninng Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.