Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Teknik Open-Ended Problem Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMAN 3 MATARAM

Penulis

Rahmatullah Rahmatullah , Hairunnisyah Sahidu , Syahrial Ayub

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.356

Diterbitkan:

2017-11-25

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

cooperative learning, group investigation, open-ended problem, learning outcome

Articles

Cara Mengutip

Rahmatullah, R., Sahidu, H., & Ayub, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Teknik Open-Ended Problem Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMAN 3 MATARAM. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 109–118. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.356

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This is a quasi experiment research with nonequivalent control group design. This research aimed to examine the effect of cooperative learning model type GI with open-ended problem technique toward activity and physics learning outcome of students. The population of this research is all students of class XI IPA SMAN 3 Mataram in academic year 2016/2017. The Sampling technique used is purposive sampling to get the students of class XI IPA 6 as experiment group and XI IPA 5 as control group. The experiment group was treated with cooperative learning model type GI with open-ended problem technique while control group was treated with cooperative learning model type GI. The instruments used for learning activities are non-test instruments in the form of observation sheets and to measure the physics learning outcome used test instruments with multiple choice form. The research hypothesis was tested using manova test and t-test pooled variance. The results showed that there was an effect of cooperative learning model type GI with open-ended problem technique towards activity and physics learning outcome of the students.

Referensi

Afandi, A. 2013. Pendekatan Open-Ended dan Inkuiri Terbimbing ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (1), 1-11.

Artini, Pasaribu, M, & Husain, SM. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. E-Journal Mitra Sains. 3 (1), 45-52.

Daud, F & Warti, D.W. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bajeng Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Bionature. 12 (1), 45-52.

Dewi, R.P, Iswari, S.R & Susanti, R. 2012. Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Unnes Science Education Journal. 1 (2), 69-76.

Fatmawati, D & Maryatun. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII Semester Genap SMPYPI 1 Bandar Mataram Lampung Tengah T.P 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 4 (1), 9-20.

Hermansyah, Gunawan & Herayanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(2), 97-102.

Jannah, S.M., Doyan, A. & Harjono, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (4), 256-263.

Mardayanti, E., Zulkardi & Santoso, B. 2016. Pengembangan Soal Open-Ended Menggunakan Konteks Sumatera Selatan Materi Sistem persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (1), 1-14.

Murni. 2013. Open-Ended Approach in Learning to Improve Students Thinking Skills in Banda Aceh. International Journal of Independent Research and Studies. 2 (2), 95-101.

Mutmainnah, Rokhmat, J. & ââ¬ËArdhuha, J. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (3), 41-47.

Pariasa, I.K., Arini, N.W & Japa, I.G.N. 2015. Pengaruh Pendekatan Masalah Terbuka (Open-Ended) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VII Kec. Tejakula, Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1), 1-11.

Putra, P.A.D., Sudarma, I.K & Tegeh, I.M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TIPE GI (Group Investigation) Berbantuan Multimedia Interaktif TerhadapHasil Belajar IPA. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1), 1-11.

Sahidu, H. 2013. Penilaian Hasil Belajar. Mataram: Arga Puji Press.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2013. Statistika untuk Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suseno N. 2014. Pemetaan Analogi Pada Konsep Abstrak Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 2 (2), 1-10.

Suwito, Y.R.E. 2015. Kefektifan Pendekatan Open-Ended dan CTL Ditinjau Dari Presentasi dan Sikap Belajar Matematika. Jurnal Derivat. 2(1) 45-57.

Uhti. 2011. Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Open-ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Yogyakarta, 3 Desember 2011.

Widodo, L.W. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. 8 (49), 32-35.

Yusuf, M., Zulkardi & Saleh, T. 2009. Pengembangan Soal-soal Open-Ended Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (2), 48-56.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.