Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3771Diterbitkan:
2022-06-30Terbitan:
Vol 8 No SpecialIssue (2022)Kata Kunci:
Discovery Learning, Learning Tools, Learning OutcomesArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
This research aims to develop a discovery learning model of learning device on elasticity and hooke’s law to improve students’ physics learning outcomes that are valid, practical, anf effective. Learning device were developed in forms of a syllabus,Lesson Plan, Student Worksheet, evaluasi tools. This type of research is research and development (R&D) with a procedural development model, named the 4D model (define, design, develop, and disseminate). The average percentage of learning device validation related to syllabus, Lesson Plan, Student Worksheet, evaluasi tools achievement were 86.50%, 83.00%, 82.00%, and 86.50%. The practicality of learning device was able to see from the percentage of the practicality of learning device questionnaires by student that is 94,55%. For the effectiveness of learning devices was proved from the increasing of students' cognitive learning achievement that calculated by the N-Gain equation, the results was obtained 0.70 for the hight category. Based on these results, the learning device that developed valid, practically and effective to use with some of revisions.
Referensi
Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandono, S.L.W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Hanafiah, N & Cucu, S. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Indiastuti, F. (2016). Pengembangan perangkat model discovery learning berpendekatan saintifik untuk meningkatkan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 41-55.
Isjoni. (2013). Cooverative Learning (Evektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Mentri Pendidikan dan kebudayaan No.66 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sahidu, C. (2016). Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Samani, M. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2019). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Biografi Penulis
Harmaen Agustina Kasanova, Universitas Mataram
Hairunnisyah Sahidu, Universitas Mataram
Susilawati Susilawati, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Harmaen Agustina Kasanova, Hairunnisyah Sahidu, Susilawati Susilawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).