Analisis Self-Regulated Learning Pada Mata Pelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19
Authors
Restu Hidayanti , Eka Junaidi , Yunita Arian Sani Anwar , Saprizal HadisaputraDOI:
10.29303/cep.v5i1.2998Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
Analisis, Self-Regulated Learning, Skala LikertArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni menganalisis seberapa besar siswa telah mencapai kemandiriannya dalam belajar. Kemandirian belajar siswa mencakup beberapa hal dianataranya siswa dapat secara mandiri mengerjakan tugas tanpa bantuan orang lain, tidak bergantung kepada orang lain, dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Penelitian analisis ini sebagai upaya untuk mengetahui tingkat Self-regulated learning. Cakupan Self-regulated learning sangatlah luas, namun pada penelitian ini dapat dianalisis dengan melakukan deskriftif kuantitatif melalui teknik pengumpulan data berupa angket pada objek penlitian yang diambil dari populasi. Pada penelitian ini, responden diambil dari populasi siswa kelas X dan XI MIPA pada MA NW Perian dengan jumlah 32 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh (sensus). Penelitian dilakukan dengan indikator kemandirian belajar yang pernyataan yang dapat ditanggapi oleh responden dengan skala likert yang memiliki 5 poin. Tehnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dan angket. Setelah melakukan analisis sesuai dengan indikator kemandirian belajar, data yang diperoleh diolah secara lanjut untuk mengetahui persentase fase-fase kemandirian belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari angket respon siswa menunjukkan rata-rata hasil untuk semua aspek sebesar 81% . Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan Self-regulated learning pada siswa kelas X dan XI MIPA MA NW Perian sangat baik.
References
Alhadi, S., & Agus S R. (2017). Self-Regulated Learning Concept-Student Learning Progress. Seminar Nasional, Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter, Universitas Ahmad Dahlan.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
Bagja, W, S., & Dede S. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogis Guru Dengan Hasil Belajar IPS.Jurnal Imiliah Edutecno. 18 (2) : 12.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Enriquez, M. A. S. (2014). Students ââ¬â¢ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress
Fida H. (2020). Peran Self Regulated Learning Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 6 (2): 76-84.
Hudaifah, F. (2020). Peran Self-Regulated Learning Di Era Pandemi Covid-19. Biormatika, 6(2), 76-84.
Ismail, M., Hadi, M. N., & Sunaiyah, S. (2017). Metode Penugasan Dalam Pembelajaran PAI. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 1(2).
Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva'ie, W. (2018). Faktor Penyebab Menurunnya Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2).
Kadir. (2015). Statistika Terapan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kanah, P, dkk. 2018. Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Stattistika 6(2) :166
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonsesia di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110. 10.24235/ileal.v3i1.1820
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
Meyers, R., Pignault, A., & Houssemand, C. 2013. The Role of Motivation and Self-regulation in Dropping Out of School. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 89: 270-275.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education
Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138-147.
Nasution, S. 2017. ââ¬ÅVariabel Penelitianââ¬Â. Jurnal Raudhah. 5(2): 1-9.
Nuryadin, A., Muharram, M. R. W., & Guntara, R. G. (2021). Penggunaan model flipped classroom berbantuan digital tools untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar selama masa pandemi covid-19. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(3), 348-361.
Pradana, M. 2016. ââ¬ÅPengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia)ââ¬Â. Jurnal Manajemen. 6(1): 1-10.
Pratiwi, N, I. 2017. ââ¬ÅPenggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasiââ¬Â. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. 1(2): 202-224.
Puspitasari, A, dkk. 2013. Self-Regulated Learning Ditinjau dari Goal Orientation. Jurnal, Psikologi 2 (1): 2.
Rahmawati, D. S (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang
Santrock, J. W. (2015). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Prenamedia Group.
Savira, F. , & Suharsono, Y. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dengan Prokratinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1): 66-75.
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-regulated learning (SRL) dengan prokrastnasi akademik pada siswa akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 66-75.
Samiudin .2016. Peran Metode Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islam. 11 (2).114-125.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukowati, D., Rusilowati, A., & Sugianto, S. (2017). Analisis kemampuan literasi sains dan metakogntif peserta didik. Physics Communication, 1(1), 16-22.
Susanti, A, dkk. 2018. ââ¬ÅPencarian Rumus Perhitungan Jumlah Sampel Minimal yang Digunakan pada Penelitian Perilaku Perjalanan Terdahuluââ¬Â. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas. 2(2): 53-63.
Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2).
Uno, H. B. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara
Warsita. 2007. ââ¬ÂPeranan TIK Dalam penyelenggaraan PJJââ¬Â. Jurnal Teknodik.
April 2007. Nomor 20: 9 ââ¬â 41. Jakarta: Pustekkom depdiknas
Widayati, A. (2004). Metode mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1).
Wina S. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana
Yasmin, Zafira dan Budi Santoso. 2019. Fasilitas belajar dan metode mengajar guru sebagai factor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik (Learning facilities and teaching methods as a faktor in affecting student learning outcomes). Jurnal pendidikan manajemen perkantoran .4 (1): 134-140.
License
Copyright (c) 2022 Restu Hida yanti, Eka Junaidi, Yunita Arian Sani Anwar, Saprizal Hadisaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).