Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Gunungsari Pada Pelajaran Termokimia

Authors

Ningsi Johan , Mukhtar Haris , Supriadi Supriadi

DOI:

10.29303/cep.v7i2.6585

Published:

2024-12-04

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2024): Edisi November

Keywords:

Critical Thinking Ability, Thermocemistry

Articles

How to Cite

Johan, N., Haris, M., & Supriadi, S. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Gunungsari Pada Pelajaran Termokimia. Chemistry Education Practice, 7(2), 240–244. https://doi.org/10.29303/cep.v7i2.6585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunungsari pada pelajaran termokimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 113 siswa kelas XI IPA 1 – XI IPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk soal kemampuan berpikir kritis sebanyak 16 soal valid dengan reliabilitas sebesar 0,55 (kategori sedang). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sebagian besar (50%) termasuk kategori sedang (nilai 42 -58). Pada kelas XI IPA 3 memperoleh nilai paling tinggi sebesar 69% dengan kategori tinggi, kelas XI IPA 2 memperoleh nilai tertinggi kedua sebesar 80% dengan kategori sedang, kelas XI IPA 4 memperoleh nilai tertinggi ketiga sebesar 73% dengan kategori sedang, dan kelas XI IPA 1 diperoleh nilai paling rendah sebesar 54% dengan kategori sangat rendah. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap indikator menunjukkan bahwa indikator merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, melakukan evaluasi, dan menentukan keputusan pada kategori sedang (Nilai 42 – 54) sedangkan indikator melakukan tindakan pada kategori rendah (Nilai 41) .

References

Ahmatika, D. (2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Eiclid. 1(3). 394-403.

Ambar. 2014. Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Shared untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa SMK pada Topik Limbah di Lingkungan Kerja. Universitas Pendidikan Indonesia. 2(4). 209-213.

Anderson. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA. 2(1). 37.

Andraini, M.R., Rina, E., Salastri, R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Termokimia di MAN 1 Bengkulu. Jurnal Pendidikan MIPA. 5(1). 35-41.

Defiyanti., dan Woro Sumarni. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Setelah Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Jurnal Pendidikan MIPA. 9(2). 24.

Jamil, Sofhal. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Instrumen TEA (Tes Esai Analisis) pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan. 13(1). 23-24.

Karno To. (2003). Mengenal Analisis Tes Pengantar ke Program Komputer Anates. Bandung: FIP UPI. 9-10.

Karunia Eka. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. 89-90.

Nisak, Khotimatun. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Termokimia SMAN 1 Durenan Trenggalek. Jurnal Pendidikan Kimia. 6(3). 103.

Novianti., Yanti, T., Ardiawan. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan IPA. 6(1). 45-53.

Rahmawati, F., Soegimin, dan Kardi, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe pada Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kedungwaru. Pendidikan Sains Pascasrjana Universitas Negeri Surabaya. 5(2). 1039-1047.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta Parama Publishing. 16-22.

Saptutyningsih dan Setyaningrum. (2019). Penelitian Kuantitatif. Metode Penelitian. 1-9.

Setianingsih, R., Mega. N., Siti, P. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Kimia dalam Pokok Bahasan Termokimia di SMAN 1 Bantarbolang. 6(1). 11-26.

Yulianti, D., dan S. Khanafiyah, (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands on Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika

Author Biographies

Ningsi Johan, Universitas Mataram

Mukhtar Haris, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Univeristas Mataram

Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Univeristas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Ningsi Johan, Mukhtar Haris, Supriadi Supriadi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.