Metode Latihan Berstruktur dan Belajar Kooperatif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Listrik Magnet Calon Guru Fisika
DOI:
10.29303/jpft.v2i4.309Published:
2017-04-22Issue:
Vol. 2 No. 4 (2016): OktoberKeywords:
metode latihan berstruktur, belajar kooperatif, hasil belajar Listrik MagnetArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Listrik Magnet. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram semester Gasal Tahun Akademik 2015/2016 yang memprogram matakuliah Listrik Magnet sebanyak 26 orang. Sedangkan sebagai obyeknya adalah aktivitas belajar mahasiswadan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang dalam setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.àHasil penelitian ini hasil belajaràmahasiswa untuk tiap siklus jumlah mahasiswa yang telah mencapai nilai ó 65àmasing-masing untuk siklus I 54 %, siklus II 69%, dan siklus III 84 %. Jadi dari hasil ini menunjukkan penggunaan metode latihan berstrukutur dan belajar kooperatif dapat meningkatkan penguasaan konsep Listrik Magnet mahasiswa program studi Pendidikan Fisika FKIP UNRAMReferences
Asiala, Mark et al. 200. A Framework for Research and Curriculum Development in Undergraduate Mathematics Education Research II, CBMS Isues in Mathematics Education. Ohaio.
Sukip, Burhanuddin, dan Muntari. 2003. Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam belajar Kimia Larutan Melalui Metode Latihan Berstruktur yang dimodifikasi Pada Matakuliah Kimia Dasar. Laporan Penelitian. Lemlit. Unram
Sutrio, Rahadi W, dan Syahrial A. 2004. Studi Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep-konsep Fisika Modern Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unram. Laporan Penlitian. Lemlit. Unram
Sutrisno dan tan Ik Gie. 1982. Fisika Dasar. Listrik.Magnet. Termofisika. Bandung: Penerbit ITB
Rusmansyah dan Irhasyuarna, Y. 2002. Penerapan Metode Latihan Berstruktur dalam meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Reaksi Kimia. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, No. 35, Tahun ke-8.
Nur, M., Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Ismono. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press-UNESA.
Cooper, M.M. 1995. Cooperatif Learning. Journal of Chemical Education. 72(2). 162 ââ¬â 164.
Purwanto. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Jhonson, D.W., Jhonson, R.T, and Smith, K.A. 2001. Cooperatif Learneing: Increasing College Faculty Instructional Productivity. ASHE-ERIC Higher Education Report. No. 4 Washington DC : School of Education and Human Development. George Washington University.
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).