Pengaruh Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMAN 1 Tanjung Tahun Ajaran 2019/2020

Penulis

Veza Aulia , Hairunisyah Sahidu , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v5i2.1543

Diterbitkan:

2019-12-18

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2019): Juli-Desember

Kata Kunci:

guided-inquiry model, PhET simulation, creativity

Articles

Cara Mengutip

Aulia, V., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMAN 1 Tanjung Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(2), 353–358. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1543

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is aimed to determine the effect of guided-inquiry learning model using PhET simulation on creativity at SMAN 1 Tanjung of academic year 2019/2020. This research is quasi-experimental with non-equivalent control group design. The population of this research is all student of grade XI SMAN 1 Tanjung of academic year 2019/2020, while the sampling technique used purposive sampling, while the sampling are the student of grade XI MIPA 2 as the experimental group and the student of grade XI MIPA 1 as control group. Creativity data be measured on creativity test which the type test used 7 essay. The research hypothesis was tested using t-test independent. The result of t-test show that tobtained>ttable. It means that there is the effect of guided-inquiry learning model using PhET simulation on creativity at SMAN 1 Tanjung of academic year 2019/2020.

Referensi

Deta, U.A., Suparmi, S. & Sunarno, W. 2013. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Hayati, S.N., Hikmawati., Wahyudi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume 3(1).

Hikmawati, & Gunada, I.W. 2013. Kajian fisika SMA. Mataram: FKIP Uniersitas Mataram.

Kusdiastuti, M., Harjono A., Sahidu H., & Gunawan G.. (2017).

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nurlaila, N., Suparmi, S., & Sunarno, W. 2013. Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri 2(2).

Rahayu, S. 2014. Diktat Statistik Dasar Untuk Pendidikan Fisika Semester 3. Mataram: Tidak diterbitkan.

Setiadi, R., & Muflika, A. A. 2012. Eksplorasi Pemberdayaan Courseware Simulasi PhET Untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA UPI 17(2).

Tangkas, I.M. 2012. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Amplura.Jurnal Penelitian Pascasarjana Uniksha.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, S., Kosim, & Gunawan. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 240-246.

Young, H., & Freedman, R. 2001. Fisika Universitas Jilid 2 Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Yulianci, S., Gunawan, & Doyan, A. 2017. Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 146-154.

Biografi Penulis

Veza Aulia, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Hairunisyah Sahidu, (SCOPUS ID: 57196096064) Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Dosen FKIP Universitas Mataram

Gunawan Gunawan, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.