Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015

Penulis

Nurqomariah Nurqomariah , Gunawan Gunawan , Sutrio Sutrio

DOI:

10.29303/jpft.v1i3.255

Diterbitkan:

2017-03-14

Terbitan:

Vol 1 No 3 (2015): Juli

Kata Kunci:

Problem Based Learning Model, Experimental Methods, Learning Outcomes

Articles

Cara Mengutip

Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 1(3), 173–179. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.255

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is a quasi-experimental aims to find the impact of problem based learning model with experimental methods on the learning outcomes physics science of grade VII SMPN 19 Mataram in academic year 2014/2015. The population of this research is students of grade VII SMPN 19 Mataram with 144 students, while the sampling of this research is grade as VIIA as experimental group and VIIB as the control group. The sampling technique used is purposive sampling. The research design used is untreated control group design with pretest and posttest. Pre-test results obtained by the average value of experimental group is 25.36 while the control group is 28.54. Post-test results for experimental group is 75.13, while for the control group is 65.41. Research hypotheses were analyzed by t-test two tail using formulas polled variance t-test given the result that thint is greater than ttable, In addition, an increase on learning outcomes analyzed using N-gain test given the result that experimental group has increased higher than the control group.so that can be concluded that the model of problem-based learning with experimental method given positive impact on learning outcomes physics science of grade VII SMPN 19 Mataram in academic year 2014/2015.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.