Itu Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Penulis

Naf’atuzzahrah Naf’atuzzahrah , Muhammad Taufik , Gunawan Gunawan , Hairunnisyah Sahidu

DOI:

10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3393

Diterbitkan:

2022-06-01

Terbitan:

Vol 8 No SpecialIssue (2022)

Kata Kunci:

Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Learning Cycle 5E, Penguasaan Konsep

Articles

Cara Mengutip

Naf’atuzzahrah, N., Taufik, M. ., Gunawan, G., & Sahidu, H. . (2022). Itu Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 8(SpecialIssue), 23–30. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3393

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model learning cycle 5E untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik yang valid. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan desain model 4D yang terdiri dari Define, Design, Development, dan Dissemination. Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Instrumen Tes Penguasaan Konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan instrumen tes penguasaan konsep. Data validitas perangkat pembelajaran diperoleh dari pengisian lembar validasi oleh para validator dan  dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian berdasarkan penilaian para validator menunjukkan bahwa nilai rata-rata validitas keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 88.20% sampai dengan 89.17% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan interpretasi data tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model learning cycle 5E valid untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik SMAN 1 Gunungsari.

Referensi

Arsanty, V. N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS Dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23-32.

Budiyono, A., Hair, M. A., Wildani, A., & Firdausiyah. (2020). Pengaruh Learning Cycle 5E Berbantuan Permainan Monopoli Fisika Berpoin (Mokain) Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik SMA. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 22-31.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. EduSains, 4(2), 94-103.

Isnani, H. Z., Indrawati, & Subiki. (2018). Model Learning Cycle 5E Dalam Pembelajaran Fluida Dinamis Di SMA (Kajian Pada Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 38-45.

Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1), 43-51.

Makhrus, M., Wahyudi, Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), 54-58.

Nisrina, N., Gunawan, & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Sahidu, H. (2019). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP UNRAM.

Septiana, I., Harjono, A., & Hikmawati. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 7-15.

Shofiah, S., Lukito, A., & Siswono, T. (2018). Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 54-62.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Yogyakarta: Alfabeta.

Susdarwati, S., Sarwanto, S., & Cari, C. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Hukum Newton dan Penerapannya Kelas X SMAN 2 Mejayan. Jurnal Inkuiri, 5(3), 1-11.

Wahyuni, S., Kosim, & Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 240-246.

Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fluida Dinamis . Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 518-524.

Yulia, I., Connie, & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 64-70.

Zulchaidar, I. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2), 137-143.

Biografi Penulis

Naf’atuzzahrah Naf’atuzzahrah, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Muhammad Taufik, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Gunawan Gunawan, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Hairunnisyah Sahidu, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Lisensi

Hak Cipta (c) 2022 Naf’atuzzahrah Naf’atuzzahrah, Muhammad Taufik, Gunawan Gunawan, Hairunnisyah Sahidu

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.