Desain Sistem E-Assessment Pada Pembelajaran Fisika di LPTK

Penulis

Hairunnisyah Sahidu , Gunawan Gunawan , Indriaturrahmi Indriaturrahmi , Fitri Astutik

DOI:

10.29303/jpft.v3i2.422

Diterbitkan:

2017-12-23

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2017): Juli - Desember

Kata Kunci:

E-assessment, learning management system, Moodle, pre-service physics' teacher

Articles

Cara Mengutip

Sahidu, H., Gunawan, G., Indriaturrahmi, I., & Astutik, F. (2017). Desain Sistem E-Assessment Pada Pembelajaran Fisika di LPTK. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(2), 265–270. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.422

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Computer technology can be used in learning assessment activities, commonly called e-assessment. Assessment is an important part of learning. This study aims to develop an e-assessment model using Leraning management System (LMS) based on Moodle. This development research uses DDD-E model, including decision, design, develop and evaluate. Development of e-assesement using Moodle 3.3 software. This model produces e-assessment products that can be accessed online and can help learners in evaluating their learning outcomes independently. In addition, this model also encourages motivation and problem solving in the given lesson.

Referensi

Bhukuvhani, C., Kusure, L., Munodawafa, V., Sana, A., &Gwizangwe, I. 2010. Pre-service Teachers' Use of Improvised and Virtual Laboratory Experimentation In Science Teaching. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, 6(4), 27

Finkelstein, N. D., Adams, W. K., Keller, C. J., Kohl, P. B., Perkins, K. K., Podolefsky, N. S., ... & LeMaster, R. 2005. When Learning About The Real World is Better Done Virtually: A Study of Substituting Computer Simulations for Laboratory Equipment. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 1(1), 010103.

Gogoulou, A., Gouli, E., Grigoriadou, M., Samarakou, M., & Chinou, D. 2007. A Web-Based Educational Setting Supporting Individualized Learning, Collaborative Learning and Assessment. Journal of Educational Technology & Society, 10(4).

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Herga, N. R., & Dinevski, D. 2012. Using A Virtual Laboratory to Better Understand Chemistry-An Experimental Study on Acquiring Knowledge. In Information Technology Interfaces (ITI), Proceedings of the ITI 2012 34th International Conference, 237-242.

Ivers, K. S., & Barron, A. E. 2002. Multimedia Project in Education: Designing, Producing, and Assessing. USA: Libraries Unlimited

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. 2016. Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Robles, M., and Braathen, S. 2002. Online Assessment Techniques. Delta Pi Epsilon Journal, 44(1), 39-49.

Santos, P., Cook, J., & Hernández-Leo, D. 2015. M-AssIST: Interaction and Scaffolding Matters in Authentic Assessment. Journal of Educational Technology & Society, 18(2), 33.

Sorensen, E. 2013. Implementation and student perceptions of e-assessment in a Chemical Engineering Module. European Journal of Engineering Education, 38(2), 172-185.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.