Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Penulis

Wildan Hidayat , Muhammad Taufik , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v5i1.948

Diterbitkan:

2019-02-18

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2019): Januari - Juni

Kata Kunci:

Inquiry Training, Interactive Multimedia, Concept Mastery

Articles

Cara Mengutip

Hidayat, W., Taufik, M., & Gunawan, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantuan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.948

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aim to examine the effect of multimedia assisted inquiry training learning model for students physic concept mastery. This type of research is quasi experiment with non-equivalent control group design. The research population was all students of XI MIA MAN 2 Mataram with a purposive sampling technique. The XI MIA 4 class was chosen as the experimental class and the XI MIA 3 class as the control class. hypothesis testing using independent t-test with 5% of significance level. Hypothesis testing yielded the concept mastery t count is 3.20 higher than the t table which has a value of 1.99. Based on the provisions, Ho is rejected and it is concluded that there are differences in mastery of physics concepts due to the practice of multimedia assisted inquiry training learning model. It means that there is a better increase of concepts mastery in the experimental class than the control class. This result can be proved by the N-gain test, where there is an increase of 53.92% in the medium category for concept mastery in the experimental class greater than the control class with an increase of 41.92% in the medium category.

Referensi

Anderson, L.W & Krathwohl, D.R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gaol, D. K. L., & Sirait, M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi 2(2), 30-39.

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1), 9-14.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(2), 97-102.

Ibrahim, I., Kosim, K., & Gunawan, G. 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(1), 14-23.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2015. Model-model Pengajaran Edisi ke-9. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Munir. 2015. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Rustaman, Y.N. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Pendidikan Sains. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 22-23 Juli 2005.

Sani, A.R, & Syihab, T.A.Z.M. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training (Latihan Inkuiri) terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Beringin. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika 2(2), 16-22.

Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan 20(1), 65-75.

Sipapaga, S.D, dan Wahyuni, I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik Dinamis. Jurnal Inpafi 3(4), 20-26.

Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tuqalby, R., Sutrio, S., dan Gunawan, G. 2017. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Fluida Siswa SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(1), 8-13.

Biografi Penulis

Wildan Hidayat, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Muhammad Taufik, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Gunawan Gunawan, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.