Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia Terhadap Keefektifan Penerapan Praktikum Secara Daring
Authors
Dian Islamiati , Rahmawati Rahmawati , Aliefman Hakim , Burhanuddin BurhanuddinDOI:
10.29303/cep.v6i1.3529Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
Persepsi, Keefektifan, Praktikum DaringArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Kimia terhadap keefektifan penerapan praktikum kimia secara daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah mahasiswa pendidikan kimia angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang telah mengikuti praktikum daring pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 227. Sampel diambil secara random, sejumlah 70 mahasiswa dari semua angkatan. Data yang dikumpulkan adalah hasil angket dan wawancara. Analisis secara deskriptif data yang diperoleh memberikan hasil persepsi mahasiswa terhadap penerapan praktikum daring termasuk kategori baik. Rinciannya adalah: persepsi terhadap aspek pelaksanaan praktikum sebanyak 56,57% dengan indikator kemudahan akses 70%, ketepatan waktu 52,86%, pemahaman teori dan keterampilan 30%, kesesuaian dengan materi 71,43%, ketentuan format laporan praktikum 58,57%, persepsi terhadap aspek kapabilitas (kompetensi dosen) 74,29%, dan persepsi terhadap aspek sarana dan prasarana 42,86%.
References
Al-Bari, A., & Saputri, R. K. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Praktikum Daring Mata Kuliah Kimia Analisis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2): 676-683.
Ardi, M., 2012. Pengaruh Pemberian Disiplin Siswa dalam Belajar Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang. Jurnal Eksos, 8(1): 61-72.
Astuti, Y., & Suciati, R., 2017. Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Mengomunikasikan Hasil Praktikum Fisiologi Hewan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1): 115-124.
Bellotti, F., Berta, R., & De Gloria, A., 2010. Designing Effective Serious Games: Opportunities and Challenges for Research. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 5(13): 22-35.
Faika, S., & Side, S., 2013. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 12(2): 18-26.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S., 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3): 496-503.
Isman, A., Gazi, Z. A., & Aksal, F. A., 2004. Students’ Perceptions of Online Learning. Nurse Educator, 29(3): 111–115.
Iwantara, I., Sadia, M., & Suma, M., 2014. Pengaruh Pengunaan Media Video Youtube dalam Pembelajaran IPA terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Jannah, S. N., & Santoni, U. T., 2018. Sarana dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1): 63-70.
Kemendikbud, 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta.
Kustiani, M., 2012. Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Video dengan Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi. Department Fisika. FST. Universitas Airlangga Surabaya.
Maulana, H. A., & Hamidi, M., 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2): 224-231.
Novita, M., 2017. Sarana dan Prasarana yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El-Islam, 4(2), 97-129.
Primavera, I. R. C., & Suwarna, M. P., 2014. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Konsep Elastisitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1: 122-129.
Rahayu, C., & Eliyarti, E., 2019. Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2): 51-60.
Safrida, F. K., 2018. Pengaruh Penggunaan Media Video pada Konsep Sistem Kerangka Manusia terhadap Motivasi dan Hasil Pembelajaran Kognitif Siswa SMAN 1 Peukan Baru Kabupaten Pidie. Jurnal Biotik, 6(2): 131-138.
Shiddiqi, M. N., 2014. Analisis Hasil Belajar Afektif Melalui Model Pembelajaran Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat (Salingtemas) pada Konsep Jamur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suardana, I. N., 2010. Pengembangan Model Praktikum Kimia Dasar Berbasis Budaya Bali untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Kimia. Disertasi. Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
Sudjana, N., 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suyanto & Jihad, A., 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Utami, Y. S., 2013. Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Kranggan 2 Kota Mojokerto. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
World Health Organization (2022, January 6). COVID-19 Weekly Epidemiological Update. March 21, 2022. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel/coronavirus-2019
License
Copyright (c) 2023 Dian Islamiati, Rahmawati Rahmawati, Aliefman Hakim, Burhanuddin Burhanuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).