Hubungan Kesulitan Belajar Pada Proses Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Mataram
DOI:
10.29303/cep.v6i2.3628Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Hasil BelajarArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar peserta didik pada proses pembelajaran daring dan hasil belajar kimia serta untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan antara kesulitan belajar pada proses pembelajaran daring dengan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MAN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi. Metode pengambilan sampel menggunakan Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel peserta didik sebanyak 110 orang dari kelas XI MIPA MAN 2 Mataram. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yaitu data tentang kesulitan belajar peserta didik pada proses pembelajaran daring dikumpulkan dengan instrumen berupa angket dan data hasil belajar kimia dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Spearman Rank dan dihasilkan nilai rho hitung sebesar 0,034, pada uji signifikasi nilai rho menggunakan uji t diperoleh nilai thitung 0,353. Oleh karena nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,65 yang berarti lebih besar daripada nilai thitung, maka hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kesulitan belajar pada proses pembelajaran daring dengan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MAN 2 Mataram.
References
Ananda, R.,& Fadhli, M. (2018). Statistika Pendidikan: (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV.Widya Puspita.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Saifuddin, A. (2020). Penyusunan skala psikologi. Prenada Media.
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Herliandry L. D., Nurhasanah, Suban, M.E., & Heru, K. (2020) Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknol Pendidik. 22(1). 65–70.
Isman, Muhammad (2016). Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive And Fun Education Seminar.
Isnaini, D. (2020). Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring di SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Iswara, W. H., Muntari, Rahmawati, Loka I. N.(2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice. 4(3).
Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS United. 6(1). 87-97.
Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian dan Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. N. (2017). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Qomariah, S. S & Sudiarditha, I. K. R. (2016). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta didik: Studi pada Mata Pelajaran Ekonomi X IIS SMA Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. 4(1). 33-47.
Siregar, L. F., Pandiangan, N. & Sumanik, N. B. (2021). Kesulitan Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education. 5(3). 412-420.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Utami, Y. P. & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1). 20-26.
Author Biographies
Miftahul Jannah, Mahasiswa
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
License
Copyright (c) 2023 Miftahul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).