Analisis Tingkat Literasi Kimia Siswa Kelas XI di SMAN 1 Mataram
Chemical Literacy Level Analisis Class XI Students At SMAN 1 Mataram
DOI:
10.29303/cep.v6i2.5522Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
literasi kimia, hidrokarbon, minyak bumi, kesetimbangan kimia, laju reaksiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menghasilkan instrumen penelitian (soal-soal) tentang literasi kimia yang valid dan reliabel, mendeskripsikan tentang kemampuan literasi kimia siswa kelas XI SMAN 1 Mataram dan kebiasaan membaca terkait pembelajaran yang menerapkan literasi kimia dan penyelesaian soal evaluasi yang memuat aspek-aspek literasi kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Mataram sebanyak 281 siswa. Jumlah sampel yang ditetapkan dengan rumus Slovin sebanyak 166 siswa dari 8 kelas dengan rincian antara 20 sampai 21 tiap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan tes yang mencakup materi hidrokarbon, minyak bumi, kesetimbangan kimia, dan laju reaksi yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil kemampuan literasi kimia siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Mataram sebesar 64,81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia siswa tergolong sedang. Dari hasil pendalaman dengan metode wawancara terhadap siswa didapatkan beberapa faktor yang menyebabkan kemampuan literasi kimia siswa tergolong sedang, antara lain: 1) kurangnya kebiasaan membaca siswa, 2) kegiatan pembelajaran yang kurang menghubungkan antara konsep-konsep kimia dengan aplikasinya dengan kehidupan sehari-hari, dan 3) soal evaluasi yang diberikan kepada siswa belum memuat aspek-aspek yang mengasah kemampuan literasi kimia siswa
References
Anggraeni, A. Y., Wardani, S., & Hidayat, A. N. (2020). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512–2523.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Dewi, C. A., Rahayu, S., Muntolib, & Parlan. (2022). Pentingnya Mengoptimalkan Literasi Kimia Melalui Pembelajaran Berbasis Isu-isu Sosiosaintifik Di Abad Ke-21. Proceeding Seminar Nasional IPA, 348–359.
Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230.
Fajri, N. M. A. K., & Yusmaita, E. (2021). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik di SMAN 1 Batam pada Topik Hukum-Hukum Dasar Kimia dengan Model Rasch. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 102–109.
Fitriyani, U., Yulianti, D., & Sunyono. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik SMA Negeri 6 Bandar Lampung terhadap Tingkat Level Soal Materi Larutan Penyangga. JEMS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(2), 193–204.
Imansari, M., Sumarni, W., & Sudarmin. (2018). Analisis Literasi Kimia Peserta Didik melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201–2211.
Laksono, P. J. (2018). Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Pengelolaan Limbah. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1), 1–12.
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2), 1–8
Prastiwi, M. N. B., Rahmah, N., Khayati, N., Utami, D. P., Primastuti, M., & Majid, A. N. (2017). Studi Kemampuan Literasi Kimia Peserta Didik pada Materi Elektrokimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY, 21, 101–108.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.
Rahmawati, Y. (2018). Peran Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad Ke-21. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 1–16.
Saija, M. (2019). Profil Kemampuan Literasi Kimia Siswa SMA Negeri 3 Ambon. Jurnal Kiprah, 7(2), 99–106.
Rane, M. k D., Ridwan, M. S., & Wardah. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Konsumen dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening dalam Memilih Program Studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(1), 869–880.
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683.
Viendrieana, M., Yamtinah, S., & Ulfa, M. (2021). Analaisis Muatan Literasi Kimia pada Buku Teks Kimia SMA KELAS XI Di SURAKARTA. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2).
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
Author Biographies
vivinaprilianti mutmainah, Universitas Mataram
Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Syarifa Wahida Al Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
License
Copyright (c) 2023 vivinaprilianti mutmainah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).