Pengembangan Majalah Kimia Dengan Konten Interpretasi Spektra FTIR Dari Ekstrak Kasar Daun Renggak (Amomum dealbatum Roxb.)

Authors

Rahmawati Rahmawati , Haida Joharlin , Syarifa Wahidah Al Idrus

DOI:

10.29303/cep.v8i1.8454

Published:

2025-05-31

Issue:

Vol. 8 No. 1 (2025): Edisi Mei

Keywords:

Spectroscopy FTIR, Amomum dealbatum, Chemistry Magazines, Development, Learning

Articles

How to Cite

Rahmawati, R., Joharlin, H., & Al Idrus, S. W. (2025). Pengembangan Majalah Kimia Dengan Konten Interpretasi Spektra FTIR Dari Ekstrak Kasar Daun Renggak (Amomum dealbatum Roxb.). Chemistry Education Practice, 8(1), 109–120. https://doi.org/10.29303/cep.v8i1.8454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi spektra FTIR dari ekstrak daun renggak sebagai bahan bacaan mahasiswa dalam bentuk Chemistry Magazine,dan untuk mengetahui kelayakan majalah kimia tersebut dilakukan uji validasi ahli dan uji respon mahasiswa terhadap majalah kimia dengan konten interpretasi spektra FTIR dari ekstrak kasar daun renggak. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Validasi majalah dilakukan oleh tiga dosen Pendidikan Kimia, selanjutnya dilakukan uji respon mahasiswa kepada 58 mahasiswa Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Pada penelitian, didapati majalah kimia yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang diperoleh menggunakan rumus Aiken’s V adalah 0,87 dengan kategori sangat valid dan memiliki tingkat kelayakan sebesar 90,36% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan majalah kimia dapat digunkan sebagai suplemen bacaan kimia.

References

Aprilia, B. A., & Hidayanti, B. R. (2021). Phytocemical Screening of Ethanolic Extract of Renggak (Amomum dealbatum) Leaves and its Potencial Antioxidant. Kimia & Pendidikan Kimia, vol.3, no.10, hal: 143–153.

Amaliyah, M., & Nasrudin, H. (2019). Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Strategi Predict Observe Explain (POE) Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMAN 11 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education, vol.8, vol.3, hal: 2252–9454

Atun, S. (2014). Metode Isolasi dan Identifikasi Struktur Senyawa Organik Bahan Alam. Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, Vol.8, No.2, Hal: 53-61.

Heliawati Leny. (2018). Kimia Organik Bahan Alam. Pakuan. Pascasarjana: UNPAK.

Herianto, Rudi dkk. (2016). Karakteristik Karbon Aktif asal tumbuhan dan tulang hewan menggunakan FTIR dan analisis kemometrika. Jurnal Kimia Valensi. 1(2): 1

Nurfitriyana., Fithri, N.A., Fitria., Yanuarti, R. (2022). Analisis Interaksi Kimia Fourier Transform Infrared (FTIR) Tablet Gastrorentif Ektrak Daun Petai (Parkia Speciosa Hassk) dengan Polimer HPMC-K4M dan Kitosan. ISTA Online Technologi Journa.vol.03, no.02, hal: 28.

Puspitasari, L., Mareta, S., & Thalib, A. (2021). Karakterisasi Senyawa Kimia Daun Mint (Mentha sp.) dengan Metode FTIR dan Kemometrik. Sainstech Farma Jurnal Ilmu Kefarmasian. vol.14, No. (1), hal: 5-11.

Rahmawati, H, & Irawati, R. K. (2023). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Kimia Organik Yang Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan. Vol.21, no.1, hal: 72.

Retnawati, Heri. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rustamana Agus., Khansa Hasna Sahl., Delia Ardianti., Ahmad Hisyam Syauqi Solihin. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra. Vol.2, no.3, hal:60-69.

Yuni, R. (2019). Pengembangan Majalah Kimia Pada Materi Asam Basa Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Di Sma Negeri 2 Peusangan, Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh: UIN-Ar Raniry Repository.

Mustariani, B. A. A., & Hidayanti, B. R. (2021). Skrining Fitokimia Ekstrak Etanol Daun Renggak (Amomum Dealbatum) dan Potensinya sebagai Antioksidan. Jurnal kimia & Pendidikan Kimia. Vol.3, No.2, hal: 143- 153.

Author Biographies

Rahmawati Rahmawati, Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

Haida Joharlin, Universitas Mataram

Syarifa Wahidah Al Idrus, Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Rahmawati Rahmawati, Haida Joharlin, Syarifa Wahidah Al Idrus

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.