Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik
DOI:
10.29303/jpft.v5i2.1393Diterbitkan:
2019-12-11Terbitan:
Vol 5 No 2 (2019): Juli-DesemberKata Kunci:
guided inquiry models, contextual videos, mastery of conceptArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
This study aims to examine the effect of the guided inquiry learning model assisted by contextual videos on the mastery of the physics concepts of students. This type of research is a quasi-experimental design with untreated control group design with pretest-posttest. The population in this study were all students of class X MIA SMAN 3 Mataram. Sampling uses a purposive sampling technique, so students selected class X MIA 3 as the control class and class X MIA 2 as the experimental class. The type of test used for concept mastery consists of 30 multiple choice questions. The average value of posttest mastery of concepts in the experimental class and control class is 73.20 and 66.18. The statistical analysis used for hypothesis testing in this study was the t-test with a significance level of 5%. Hypothesis test results show the value of t arithmetic 2.52 is greater than the value of t table that is 2.00 so that H0 is rejected and Ha is accepted it can be concluded that there is an effect of the guided inquiry learning model assisted by contextual videos on the mastery of the physics concepts of students.Referensi
Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto & Rahardjo, Muljo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Gunawan, Harjono, A, & Sahidu, H. 2015. Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika 5(2), 42.
Gunawan, Harjono, A, & Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1), 9.
Heinich, R. 2002. Instructional media and technology for learning 7 th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Hiidayat, Wildan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Training Berbantuan Multimedia Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 5(1): 176.
Kosasih. 2014. Strategi belajar dan pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Kurniawati, A., Santosa, K., & Isnaeni, W. 2014. Pengaruh Guided Inquiry Berbasis Proyek Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Biology Education, 3(1).
Marhaeni. 2005. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. 2015. Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. EDUSAINS, 7(1), 57-63.
Sudjana & Rivai. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Yeritia, S., Wahyudi, W., & Rahayu, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 181-187.
Biografi Penulis
Selva Eka Yolanda, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Gunawan Gunawan, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Sutrio Sutrio, Pendidikan Fisika, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).