Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Penulis

Mahesti Kusdiastuti , Ahmad Harjono , Hairunnisyah Sahidu , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v2i3.298

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 3 (2016): Juli

Kata Kunci:

inquiry model, virtual laboratory, concept comprehension

Articles

Cara Mengutip

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(3), 116–122. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.298

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect model of inquiry aided virtual laboratory to physical concept comprehension of students MA DI Putri Nurul Hakim Kediri the academic year 2015/2016. Experimental research design using "pre-test-post-test control group design". The population in this study were all students of class X MA DI Putri Nurul Hakim Kediri totaling 5 classes, while samples were students of class X.1 as an eksperiment class majoring in X.2 as a control class. The data collection concept comprehension using techniques shaped test multiple choice. The research hypotheses were tested by t-test polled variance variance with significance level of 5% that is a hypothesis which does not indicate a specific direction. The results showed that physical concept comprehension ability of students learning with virtual media-aided model of inquiry higher than those not using the model inquiry-aided virtual laboratory.

Referensi

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Umami, R., dan Jatmiko, B. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 2 No. 3 : 61-69.

Kurniawati, I.D., Wartono, dan Diantoro, M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 1 Nomor 10 ; 36-46.

Wijayanti, P.I., Mosik, dan Hindarto, N. 2010. Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Nomor 6: 1-5.

Hafsyah, N. 2012. Penerapan Model Inkuiri Terstruktur dengan Media Virtual Lab pada Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika FKIP UNEJ, Vol I Nomor 2 : 158-16

Budhu, M. 2002. Virtual Laboratories for Engineering Education. Paper presented at International Conference on Engineering Education. Manchester, U.K,. August 18-21

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram : FKIP UNRAM.

Budiyono. 2009. Penerapan Laboratorium Riil dan Virtual pada Pembelajaran Fisika melalui Metode Eksperimen ditinjau dari Gaya Belajar. Tesis pada Prodi Pendidikan Sains. Universitas Sebelas Maret Surakarta: tidak diterbikan.

Dwi, I.M., Arif, H., dan Sentot, K. 2013. Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Nomor 9 : 8-17

Hermansyah, Gunawan dan Heryanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol I Nomor 2.

Bulan, S.N., Maharta, N., dan Ertikanto, C. 2015. Pengaruh Kemampuan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Fisika berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UNILA.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. 2003. Model of Teaching. Chicago : University of Chicago Press.

Hermawanto, Kusairi, S., dan Wartono. 2013. Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia FMIPA UNM. Vol I Nomor 9 : 67-76

Gunawan, Harjono, A., Sahidu, H., dan Sutrio. 2015. Penggunaan Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA. Vol.IX Nomor 1 : 15-19.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.