Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Penulis

Roni Wahyuni , Hikmawati Hikmawati , Muhammad Taufik

DOI:

10.29303/jpft.v2i4.308

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 4 (2016): Oktober

Kata Kunci:

Guided-inquiry learning, experimental methods, learning outcome

Articles

Cara Mengutip

Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(4), 164–169. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study is aimed todetermine the effect ofà guided-inqury learning model combined with the experimental method on physics learning outcomes grade XI IPA inà SMAN 2 Mataram of academic year 2016/2017. This is quasi-experimental research with pretest and posttest control group design. The population is all students grade XI IPA in SMAN 2 Mataram and the sample is student class XI IPA-7 as the experimental group and class XI IPA-9 as the control one which is selected by purposive sampling. The data of physics outcomes learning is collected by using multiple-choice test. Average value obtained in experimental class is 77.00, while in control is 65.65. The highest N-gain value is in sub material elasticity properties of material, it is 51% in controlà and 88% in experimental. Statistical used is t-test polled variance at significant level of 5% and the result obtained tcountis 6,27. This value is greater than ttable (ttable=1.993). It means that there is an influence of guided-inquiry learning model combined with the experimental method on physics learning outcomes grade XI IPA in SMAN 2 Mataram.

Referensi

Hikmawati, dan Gunada, I.W. 2013. Kajian fisikaSMA. Mataram: FKIP Uniersitas Mataram.

Partono, L.N.R.K. 2014. Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil Belajar Fisika Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro: 64-72

Usman, M.N. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Putra, S.R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis sains.Yogyakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Hartono, R. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah di Terima Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Yulian, P.M., Suratno dan Aisyah, I.N. 2015. ââ¬ÂPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Giuided Inquiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowosoââ¬Â. Jurnal Pancaran, Vol.4, No.2, Mei, Hal 163-172.

Wijayatni, P.I., Mosik, dan Hindarto, N. 2010. ââ¬ÅEksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahay dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melaui Pembelajaran Inkuiri Terbimbingââ¬Â. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.6, Januari, Hal 1-5.

Isa, A., Wahyudin, dan Sutikno, 2010. Keefektifan pembelajaran Berbantuan Multimedia menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6: 58-62.

Sahidu, C. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP Press.

Djamarah, S.B., dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesindo.

_______, 2016. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Setyosari, P. 2013. Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta: kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Herayanti, L., dan Habibi. 2015.ââ¬Â Model Pembelajaran Berbasis masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Calon Guru Fisikaââ¬Â. Jurnal pendidikan Fisika dan Teknologi Universitas Mataram, Vol.1, No.1, januari, hal 61-66.

Justitia, V.S., dan Supardi, Z.A.I. 2015.ââ¬ÂPenerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedamean Gresikââ¬Â. Jural Inovasi Pendidikan Fisika (JPIF), Vol.04 N0. 03, September 2015, Hal 71-76.

Sihombing,R. 2015. ââ¬ÅPenerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Approach) pada Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Jayapuraââ¬Â. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. Vol 3, No.2, Juni 2015.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.