Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram

Penulis

Baiq Rizkia Ayu Latifa , Ni Nyoman Sri Putu Verawati , Ahmad Harjono

DOI:

10.29303/jpft.v3i1.325

Diterbitkan:

2017-06-26

Terbitan:

Vol 3 No 1 (2017): Januari - Juni

Kata Kunci:

Learning Cycle 5E Model (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate), Critical Thinking Skill

Articles

Cara Mengutip

Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(1), 61–67. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of learning cycle 5E model (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) on studentââ¬â¢s critical thinking skills of class X in MAN 1 Mataram. This research type is quasi experiment with research design untreated control group with pretest and posttest design. The sample was selected by cluster random sampling technique and obtained X MIA 1 class as experiment class using learning cycle 5E model and X MIA 2 class as control class using cooperative learning type STAD model. The critical thinking abilityââ¬â¢s data collected by essay test that are 5 questions that have been tested for validation, reliability, difficulty level, and index of discrimination. Researchers used homogeneity test, normality test, t-test polled variance, and N-Gain test as statistical test. N-Gain test are used to determine the improvement of critical thinking skills in each indicator. The experimental class get improvement result in medium category for all indicators, while the control class get improvement in medium category on three indicators and two other indicators in low category. Based on result of hypothesis test can be concluded that there is effect of learning cycle 5E model to critical thinking ability of students.

Referensi

Ennis R H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois. On line at

http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf [diakses tanggal 1 Oktober 2016].

Gunawan, G., & Liliasari, L. (2013). Model virtual laboratory fisika modern untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis calon guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2), 185-199.

Handriani, L.S., Harjono, A., & Doyan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.

Herayanti, L., & Habibi, H. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.

Hikmawati. (2015). Pembelajaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 24-37.

Johnson, E.B. (2008). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan oleh Ibnu Setiawan. Bandung: Penerbit MLC.

Prayogi, S., Hidayat, S., & Armansyah. (2013). Implementasi Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika, 1(1), 37-42.

Rahma, A.N. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 133-138.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Snyder, L.G. & Snyder, M.J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 2, Spring/Summer, 2008: 90-99. Diakses tanggal 2 Mei 2015.

Suprijono, A. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Jaya.

Udayani, P.A., Kusmariyatni, N., & Wibawa, I.M.C. (2014). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas IV SD di Desa Kalibukbuk. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 1(2), 1-10.

Yuliati, D.I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2011). Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 23-27.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.