Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik.

Penulis

Najwa Najwa , Gunawan Gunawan , Hairunnisyah Sahidu , Ahmad Harjono

DOI:

10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3420

Diterbitkan:

2022-05-31

Terbitan:

Vol 8 No SpecialIssue (2022)

Kata Kunci:

Learning Tools, Guided Inquiry, Thermodynamics

Articles

Cara Mengutip

Najwa, N., Gunawan, G., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 8(SpecialIssue), 31–37. https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3420

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif fisika peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model PPE yang terdiri dari Planning (merencanakan), Production (memproduksi), dan Evaluation (mengevaluasi). Produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, LKPD, dan Instrumen Tes. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Data validitas perangkat pembelajaran diperoleh dari pengisian lembar validasi oleh validator dan dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan bahwa rata-rata nilai validitas keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah 3,05 – 3,70 dengan kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan interpretasi data, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kemudian hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil uji N-gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif fisika peserta didik.

Referensi

Ahriana, A., Yani, A., dan Maruf, M. (2016). Studi Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 223-238.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.

Fatwa, M. W., Harjono, A., dan Jamaluddin, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Dan Penguasaan Konsep Sains Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 121-130.

Hakim, M. L., Prabowo, P., dan Yuanita, Y. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor di SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 764-768.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Gunawan, G., Nisyah, M. (2019). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 5 (1), 150-155.

Nurdyansyah, N., dan Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Rajabi, M., Ekohariadi, E., dan Buditjahjanto, I. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Peoyek. Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek, 3(01).

Rahmadi, F. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 137-145.

Richey, C. Rita, dan Klein D. James. (2009). Design and Development Research. Routledge: New York.

Seprianingsih, D., dan Jufri, A. W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing (PPBIT) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumen Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suyanto, E., Sartinem, S. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Peserta Didik dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Kemampuan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Tahun 2009. Bandar Lampung: Unila.

Wahyuni, R., Hikmawati, H., dan Taufik, M., (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (4), 164-169.

Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Wahyuni, S., Kosim, K., dan Gunawan, G., (2018). Pengembangan Perangkat pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Menyempurnakan Kemampuan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4 (2), 240-246.

Biografi Penulis

Najwa Najwa, Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Gunawan Gunawan, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Hairunnisyah Sahidu, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Ahmad Harjono, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Fisika

Lisensi

Hak Cipta (c) 2022 Najwa Najwa, Gunawan Gunawan, Hairunnisyah Sahidu, Ahmad Harjono

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.