Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018

Penulis

Juliana Audina Pratiningsih , Hairunnisyah Sahidu , Kosim Kosim

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.474

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

Cooperatvie, think pair share, experiment method, learning outcome

Articles

Cara Mengutip

Pratiningsih, J. A., Sahidu, H., & Kosim, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MAN Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 90–97. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.474

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstract - This research is aimed to find the effect of cooperative model learning think pair share type with experiment method toward learning physics result of the students at man west Lombok in academic year 2017/2018. The kind of this research is quasi experiment with Untreated control group design with pretest-posttest research design. The population of this research is all of the XI students of MAN West Lombok which consist of 34 students. Sampling jenuh technique is a way of taking the sample, while XI IPA 1 students as experiment class and XI IPA 2 as control class. The instruments that used are; multiple choice test and observation sheet. The amount of the multiple choice test are 25 questions where the test before has been through validity test, reliability, different capacity and standard of questions difficulty, while the observation sheet used to measure the affective and psychomotor score. Based on the result of the research that achieved from the mean score for pretest of experiment class is 40,19 and control class is 37,45, while the mean score of post-test experiment class is 73,52 and control class is 51,27. The hypothesis of the research is tested using t-test polled varians with significant standard 5% and achieved tresult 7,646 and ttable à2,021. Based on the criteria of hypothesis test, if tresult > ttable, it means Ho released and Ha accepted, where it can conclude that there is a effect of cooperative model learning think pair share type with experiment method toward learning physics result of the students at man west Lombok in academic year 2017/2018.

Referensi

Ampriyadi, I. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dalam Materi Tekanan Kelas VIII SMPN 1 Kalis. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 5(1): 46-53.

Azmi, M. K., Rahayu, S., dan Hikmawati. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2): 86-94.

Juraini., Taufik, M., dan Gunada, I. W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2): 80-85.

Niââ¬â¢mah, A., dan Dwijananti. P. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. Jurnal Pendidikan Fisika. 3 (2): 18-25.

Nurilah, A. S., Sudarti., dan Nuriman. 2013. Pengaruh Model Kooperatif Tipe TPS dengan Metode Eksperimen disertai Teknik Concept Mapping Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Tanggul. Jurnal Pendidikan Fisika. 2 (2): 184-189.

Nurqomariah, N., Gunawan., dan Sutrio. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 173-179.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Surayya, L., Subagia, I. W., dan Tika, I.N. (2014). Pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 4(1): 85-92.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, dan Hasanah. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen Dengan strategi Think- Pair-Share dalam Model Pembelajaran Diskusi Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Panas Di Kelas VII SMPNegeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(3):89-94.

Winayah, I. R., Sudarti, dan Nuriman. 2013. PenerapanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Metode Praktikum dalam Pembelajaran IPA Fisika Kelas VIII B SMPN 7Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(4): 102-108.

Biografi Penulis

Juliana Audina Pratiningsih, Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram

Hairunnisyah Sahidu, Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram

Kosim Kosim, Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.