Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls

Penulis

I Nyoman Sugiana , Ahmad Harjono , Hairunnisyah Sahidu , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v2i2.290

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2016): April

Kata Kunci:

generative-based learning, virtual laboratory media, concept mastery

Articles

Cara Mengutip

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(2), 61–65. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.290

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This ââ¬Ånon-equivalent control group designââ¬Â quasi experimental research was purposed to identify the effect of generative-based learning model using virtual laboratory media towards the studentsââ¬â¢ concept mastery and creativity in physics. The population of this research is all 173 students of X grade in SMK Negeri 7 Mataram. The X grade students of Teknik Komputer Jaringan A (TKJ-A) department was determined as the experimental group and the X grade students of Teknik Komputer Jaringan B (TKJ-B) department was the control group. The way of collecting data for the concept mastery was done by using multiple choice test. The result revealed that the mean score of the post-test for the concept mastery was 43 for the experimental group with the highest score 56. Meanwhile the mean score of the control group was 36 with the highest score 52. The research hypothesis was tested using t-test pooled variances. The result showed that the value of ttab is higher than tarith the value is 3,42 > 2,00 for the concept mastery. As the conclusion, this research showed that there was an effect towards the experimental group studentsââ¬â¢ concept mastery and creativity in physics which was treated using generative-based learning model using virtual laboratory media.

Referensi

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Fabian, K., Topping, K. J., Barron, I. G., and Chuah, K. M. 2016. Mobile Technology and Mathematics: Effects on Studentsââ¬â¢ Attitudes, Engagement, and Achievement. J. Comput. Educ. 3(1): 77-104.

Lusiana., Hartono, Y., dan Saleh, T. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Generatif (Mpg) untuk Pelajaran Matematika di Kelas X SMAN 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (2): 30-31.

Ying, H.W., Huang, I., & Jen, G.H.. 2016. Comparison of the effects of project-based computer programming activities between mathematics-gifted students and average students. J. Compt. Edu. 3(1): 33ââ¬â45.

Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Ausubel, D.P., Novak, J.D., and Hanesian, H. 1978. Educational Psychology: A Cognitive View (2 nd.ed). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Tan, W.C., Aris, B., and Abu, S. 2006. GLOTT Model: A pedagogically-enriched design framwork of learning environment to improve higher order thinking skills. AACE Journal, 14(2): 139-153.

Pietzner, V. 2014. Computer-Based Learning in Chemistry Classes. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 10(4): 297-311.

Ulusoy, F. M., and Onen, A. S. 2014. A Research on the Generative Learning Model Supported by Context-Based Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 10(6): 537-546.

Juani, A., Salsabila, E., dan Irawan, B. 2014. Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematika antara Siswa yang diajar Menggunakan Model Pembelajaran Generatif dan Model Pembelajaran Matematika Knisley (Mpmk) Pada SMKN 26 Jakarta. JMAP. 13 (1 ): 48.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Artikel Serupa

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.