Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru

Penulis

Hairunnisyah Sahidu , Gunawan Gunawan , Joni Rokhmat , Satutik Rahayu

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.442

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

Physics learning tools, creativity

Articles

Cara Mengutip

Sahidu, H., Gunawan, G., Rokhmat, J., & Rahayu, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.442

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Learning tools are an important part of learning. Innovative learning tools will help lecturers and students achieve the goals in learning. The purpose of this research is to produce an innovative learning tools oriented to the creativity of preservice physics teachers. The type of research is development research, using DDD-E model: decide, design, develop, and evaluate. Instruments used include physics concept test with multiple choice form, essay-type creativity test, activity observation sheet in Likert scale questionnaire. In this study also conducted empirical testing to measure the effectiveness of learning tools which developed to increase student creativity. The results show that the highest creativity improvement of the experimental class on verbal creativity.

Referensi

Cropley, A. (2012). Creativity and education: An Australian perspective. IJCPS-International Journal of Creativity and Problem Solving, 22(1), 9.

Ekasari, R. R., Gunawan, G., & Sahidu, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 106-110.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student's Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan, (2).

Jackson, L. A., Witt, E. A., Games, A. I., Fitzgerald, H. E., von Eye, A., & Zhao, Y. 2012. ââ¬ÅInformation Technology Use and Creativity: Findings from The Children and Technology Projectââ¬Â. Computers in Human Behavior, 28(2), 370-376.

Jausovec, N., & Jausovec, K. (2011). Brain, creativity and education. The open education journal, 4(1).

Kampylis, P. G., & Valtanen, J. 2010. ââ¬ÅRedefining Creativity ââ¬â Analyzing Definitions, Collocations, and Consequencesââ¬Â. Journal of Creative Behavior, 44 (3), 191-214.

Marisi, A. K. 2007. ââ¬ÅEfektivitas Model Pengukuran Kreativitas dalam Pembelajaran Hemisphere Kanas (HK) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasarââ¬Â. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 10(2), 169-190.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Preckel, F., Holling, H., & Wiese, M. 2006. ââ¬ÅRelationship of Intelligence and Creativity in Gifted and Non-Gifted Students: An Investigation Of Threshold Theoryââ¬Â. Personality and individual differences, 40(1),159-170.

Rawat, K. J., Qazi, W., & Hamid, S. (2012). Creativity and education. Academic Research International, 2(2), 264.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79

Wyse, D., & Ferrari, A. (2015). Creativity and education: Comparing the national curricula of the states of the European Union and the United Kingdom. British Educational Research Journal, 41(1), 30-47.

Biografi Penulis

Hairunnisyah Sahidu, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.