Penguasaan Konsep Usaha Dan Energi Peserta Didik Kelas X Dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Organizers

Penulis

Dwi Gita Oktaviani , Ahmad Harjono , I Wayan Gunada

DOI:

10.29303/jpft.v4i2.821

Diterbitkan:

2018-11-05

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2018): Juli-Desember 2018

Kata Kunci:

Expository learning model, Concept Mastery, Advance Organizer, Post Organizer

Articles

Cara Mengutip

Oktaviani, D. G., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2018). Penguasaan Konsep Usaha Dan Energi Peserta Didik Kelas X Dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Organizers. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(2), 192–201. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.821

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Lesson material presented in the form of data or facts and specific concepts on expository learning model helps learners to connect new material with material that precedes it, so organizers help is provided to instill meaningful learning. This study aims to determine the difference of influence of the implementation of learning model of assisted advance organizer and post organizer expository. The population in this study is all students of class X MIA SMA Negeri 3 Mataram academic year 2017/2018. Sampling is done by purposive sampling technique, and quasi experimental research uses non-equivalent control group design with pre-test-and post-test. The results obtained from the classroom given the treatment of expository learning model assisted by advance organizer and post organizer have the same tendency improvement. In both classes there is a relatively similar increase in the mastery of the previous concept, but the difference between the two is not much different. Therefore, there is no difference of influence between expository model of assisted advance organizer and post organizer to the mastery of work and energy concepts of learners.

Referensi

Amanah, P. D., Harjono, A., & Gunada, I. W. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Generatif Berbantuan Scaffolding dan Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1): 84-91.

Amelia, R., Mansyur, J., & Kade, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer dengan Menggunakan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Di SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT). 4(2):17-22.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Atriyanto, B dan Sulistyo, E. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Memperbaiki Compact Cassete Recorder Kelas XI TAV di SMA Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 3(2): 9ââ¬â13.

Ausubel, D.P. 1968. Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Butz, J.A., Miller, S.P., & Butz, C. 2005. Effect of Post-Organizers on Preservice Teachersââ¬â¢ Content Knowledge and Understanding of Effective Teaching Behaviors. The Teacher Educator. 41(1): 1-15.

Chung, S. & Cheon J. 2010. The Effects of Post Organizers in Game-Based Learning. Texas Tech University. 23(4): 17-20.

Harjono, A. 2012. Perbedaan Strategi Pembelajaran dan Pemberian Advance Organizer Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Pijar MIPA. 7(1): 13-17.

Harjono, A., Gunada, I. W., Sutrio, & Hikmawati. 2018. Penerapan Advance Organizer dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berpola Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 4(1): 141-150.

Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N.N.S.P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 173-180.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. 2015. Models of Teaching Edisi Kesembilan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muammar, H., Harjono, A., & Gunawan, G. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 166-172.

Peterson, J. C. 1971. Effect of an Advanced Organizer, A Post Organizer, or Knowledge of a Behavioral Objective on Achievement and Retention of a Mathematical Concept. Annual Meeting of the American Educational Research Association: 1-20.

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. 2016. Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(4): 176-182.

Biografi Penulis

Dwi Gita Oktaviani, Pendidikan Fisika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.