Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMAN Di Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
10.29303/cep.v6i2.3337Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Persepsi siswa, Pembelajaran daring, Hasil belajarArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa terhadap pembelajaran daring pada masa Covid-19 dan hasil belajar kimia siswa SMAN di Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan 169 siswa sebagai sampel yang ditentukan dengan metode Stratified Random Sampling. Data persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dikumpulkan dengan menggunakan angket persepsi terhadap pembelajaran daring dengan skala likert dan hasil belajar kimia siswa diperoleh dari data dokumentasi guru sekolah. Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring terdiri dari enam indikator yaitu Self directed learning (SDL) atau pembelajaran mandiri, Meaningful learning with technology (MLT) atau pembelajaran dengan teknologi, Collaborative learning (CoL) atau pembelajaran kolaboratif, Critical thinking (CriT) atau berpikir kritis, Creative thinking (CreT) atau berpikir kreatif dan ÃÂ Authentic problem solving (APS) atau pemecahan masalah otentik. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial. HasilÃÂ analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi dan hipotesis. Uji asumsi digunakan uji normalitas data dan uji lineritas data. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai rxy = 0,18; koefisien determinasi sebesar 3,31%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMAN Lombok Tengah Tahun Ajaran 2021/2022.
References
Arifin, H. S., Fuady, I. & Kuswanto, E. 2017. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. 21(1).
Dimyati & Mujiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gulton, C. R., & Sitanggang, S. G. M. 2020. Persepsi Mahasiswa UNIKA Terhadap Kuliah Online Di Masa Pendemi COVID-19. Jurnal UNIKA. 3(1).
Hamalik Oemar, (2013) Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Irawati, R. & Santaria, R. 2020. Persepsi siswa SMAN I Polopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran: 3 (2).
Isman, A. & Aksal, F. 2004. Strudentââ¬â¢ Perception of Online Learning. Nurse Educator: 29(3).
Irwanto, A. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Komaruddin & Prabowo, M. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pendemi COVID-19. Majora. 26(2).
Kusmana, A. 2011. E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan: 14 (1).
Miswanto. 2015. Persepsi Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung Terhadap Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika. 15(1).
Muhadir. 2021. Analisis Keaktifan Belajar Selama Pembelajaran Daring Pada Masa COVID-19 Di MIN 19 Aceh Selatan. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
Raharjo, S. M., Suhartono., Masââ¬â¢ula, S. 2021. Hubungan Penguasaan Guru Dalam Mengoperasikan Aplikasi Belajar Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan: 1(8).
Rakhmat, J. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Suhaeri. 2020. Persepsi Siswa Hoomschooling Terhadap Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. 7(1).
Sulistiyawati, E. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MAN 2 Surakarta. Skripsi. Surakarta: IAIN surakarta.
Thoha, M. 2011. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahyuno. P & Husamah, H. 2020. Jurnal Pendidikan Profesi Guru: 1 (1).
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Wicaksana, E. J. 2020. Edmodo As A Solution To Enhance Student Learning Interest In High School Biodiversity During The COVID-19 Pandemic. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi. 13(2).
Author Biographies
Lidzatil Jannah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Supriadi Supriadi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2023 Lidzatil Jannah, Saprizal Hadisaputra, Supriadi Supriadi, Jeckson Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).