Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Pengelolaan Laboratorium Kimia MA Negeri Se-Lombok Timur Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

Melziana Apri Nesti , Mukhtar Haris , Lalu Rudyat Telly Savalas

DOI:

10.29303/cep.v8i1.8349

Published:

2025-05-31

Issue:

Vol. 8 No. 1 (2025): Edisi Mei

Keywords:

Chemistry Practicum, Laboratory Management, Madrasah Aliyah

Articles

How to Cite

Apri Nesti, M., Haris, M., & Savalas, L. R. T. (2025). Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Pengelolaan Laboratorium Kimia MA Negeri Se-Lombok Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Chemistry Education Practice, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.29303/cep.v8i1.8349

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi dan pengelolaan laboratorium kimia serta pelaksanaan praktikum kimia di SMA Negeri MA di Lombok Timur tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket dan wawancara yang melibatkan guru kimia, kepala laboratorium, asisten laboratorium, dan siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Interpretasi data menggunakan 5 kriteria (sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum kimia di MAN 1 Lombok Timur dan MAN 2 Lombok Timur berada pada kategori “Sangat Baik”, sedangkan di MAN IC Lombok Timur berada pada kategori “Baik”. Pengelolaan laboratorium di ketiga sekolah tersebut berada pada kategori “Sangat Baik” dengan total nilai rata-rata sebesar 92,42%. Namun, kelengkapan laboratorium di MAN IC masih kurang memadai dan berada pada kategori “Cukup”. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kendala utama dalam pengelolaan laboratorium antara lain keterbatasan peralatan dan sumber daya manusia, khususnya asisten laboratorium. Meskipun terdapat beberapa kendala, namun pelaksanaan praktikum dan manajemen laboratorium di SMA MA Negeri Lombok Timur secara umum sudah berjalan dengan baik.

References

Abdussamad, H. Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.

Ali, A. (2017). Analisis pelaksanaan praktikum anatomi fisiologi tumbuhan jurusan pendidikan biologi semester genap tahun akademik 2016/2017. Jurnal Biotek, 5(1), 144-154. Agustina, M. (2018). Peran laboratorium ilmu pengetahuan alam (ipa) dalam pembelajaran ipa madrasah ibtidaiyah (mi)/sekolah dasar (sd). At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1-10.

Ambarwati, A., & Prodjosantoso, A. (2018). Analisis Kelengkapan Alat, BahanLaboratorium, dan Keterlaksanaan Praktikum Kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Journal of Chemistry Education, 3(1), 56-64.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2013). Reliabiltas dan Validitas. Edisi 4. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Daryanto. (2018). Manajemen Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA

Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai sarana pembelajaran kimia dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kerja ilmiah. Lantanida journal, 5(1), 83-92.

Fikri, M. & Wardhani, S. (2024). Kimia dalam Perspektif Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah. Journal of Science and Chemistry Education, 12(2), 87-95.

Hamidah, A., et al. (2014). Pengaruh Praktikum Kimia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Educational Research, 15(1), 112-120.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Hermawan, W. (2019). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Pendidikan. Education Research Journal, 5(3), 123-130.

Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W. (2017). Kajian pelaksanaan praktikum kimia di sekolah menengah atas negeri se Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1).

Kisdiono, T., F., Erwinsyah., & Virgana. (2023). Analisis Profil Laboratorium Kimia Sekolah dan Aktivitas Praktikum Kimia di Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Lebak. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 06(01), 56-63.

Mahiruddin, H. (2008). Pengelolaan Laboratorium Kimia di SMA: Studi Kasus di SMA Negeri Jakarta. Science Education Journal, 8(4), 221-229.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Nahdiyaturrahmah., Pujani, N., M., & Selamet, K. (2020). Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 118-120.

Nayiroh, N., & Kusairi, K. (2019). Studi Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Laboratorium Jurusan Fisika Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Pengelolaan Laboratorium (Temapela), 2(2), 65-74.

Nurdiansyah, H., & Rahman, R. S. (2019). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Nurhidayati, N. (2017). Analisi Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Perserta Didik Kelas XI di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).

Nursapiah, N. (2020). Penelitian Kualitatif, Wal Ashri Publising. Edited By H. Sazali. Medan Sumatera Utara: Wal Ashri Publising.

Pratama, Cipta. (2021). Dasar Ilmu Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia.

Purwanto. (2014).Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmayanti, L. (2020). Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Pengelolaan Laboratorium Kimia di Sekolah Menengah Atas 4 Praya. Journal of Chemistry Education, 5(2), 99-107.

Rijali, A. ( 2018 ). “ Analisis Data Kualitatif ”. Jurnal Alhadharah, 17(33), 84.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakata.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakata.

Syamsu, F. D. (2018). Pengembangan penuntun praktikum ipa berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa smp siswa kelas vii semester genap. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2).

Wahyudinar, R. (2017). Laboratorium sebagai Fasilitas Penunjang Pembelajaran Sains. Journal of Science Education, 6(2), 71-78.

Author Biographies

Melziana Apri Nesti, Universitas Mataram

Mukhtar Haris, Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

Lalu Rudyat Telly Savalas, Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Melziana Apri Nesti, Mukhtar Haris, Lalu Rudyat Telly Savalas

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.