Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA

Penulis

Ria Rizki Ekasari , Gunawan Gunawan , Hairunnisyah Sahidu

DOI:

10.29303/jpft.v2i3.296

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 3 (2016): Juli

Kata Kunci:

direct instruction, virtual laboratory, creativity

Articles

Cara Mengutip

Ekasari, R. R., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Laboratorium Terhadap Kreatifitas Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(3), 106–110. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.296

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research aims to investigate the influence of direct instruction model with virtual laboratory media toward student creativity in physics using "pretest-posttest control group design". The creativity data collected by essay type test shows that pre-test average grade of experimental class is 41 and control class is 36, while post-test average grade of experimental class is 74 and control class is 69. Based on data analysis, creativity of male student in physics is higher than female student. The average grade of male student is 72 while female student is 70. The result of hypothesis testing using polled variance t-test with significance level of 5 % is tcalculation=> ttable = 1,99601 or, in other words, the calculated t value is greater than the value given in the table. It can be concluded that direct instruction model with virtual laboratory media influences high school student creativity in physics.

Referensi

Dahar, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Arnika, D., Kusrini, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Dengan Metode Kumon Pada Materi Persamaan Lingkaran Di Sman-1 Krian. Vol 1, No 3. MathEdunesa.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia.

Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(1): 84-85.

Loe, Joe Y. F. 2011. An Introduction to Creativity. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.