Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulation Based Laboratory (SBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Montong Gading

Penulis

Nurhikmah Nurhikmah , Gunawan Gunawan , Syahrial Ayub

DOI:

10.29303/jpft.v4i1.542

Diterbitkan:

2018-05-28

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2018): Januari - Juni 2018

Kata Kunci:

Problem-Based Learning, Simulation Based Laboratory, Learning outcome

Articles

Cara Mengutip

Nurhikmah, N., Gunawan, G., & Ayub, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulation Based Laboratory (SBL) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Montong Gading. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 4(1), 16–22. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.542

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research is aimed to know the influence of Problem-Based Learning Models assisted with Simulation Based Laboratory (SBL) on studentsââ¬â¢ physics learning outcome in class XI IPA of SMAN 1 Montong Gading academic year 2015/2016. The material used in the research is momentum and impulses. The type of the research is quasi experiment with pretest-posttest control group design. The population which is used in this research are the whole students of class XI IPA of SMAN 1 Montong Gading which decided by purposive sampling technique. C lass XI IPA 1 as the experiment class and class XI IPA 2 as the control class. The result of study was analized using t-test polled varians. Based on the research outcome, it can be concluded that Problem-Based Learning Models Assisted with Simulation Based Laboratory (SBL) influenced students` physics learning outcome.

Referensi

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Adiatama.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

________. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Fahrizal, E., Sar, S. & Parmi, S. 2013. Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Simulation Based Laboratory (SBL) Dan Video Based Laboratory (VBL). Jurnal materi dan pembelajaran Fisika, 2, 25-36.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student's Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan, (2), 167-179.

Herayanti, L, & Habibi. 2015. Model Pembelajaran Berbasis masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Calon Guru Fisikaââ¬Â. Jurnal pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 61-66.

Heinich, Robert. 2005. Instructional Technology and Media for Learning. Ohio: Merill Prentice Hall.

Hikmawati, & Gunada, I. W. 2013. Kajian Fisika SMA. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhari, T., Hikmawati, & Wahyudi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(1), 7-12.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

________. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, D., Sutrio & Wahyudi 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta didik SMA Negeri 1 Selong Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 160-165.

Wahyuni, S & Widiarti, N. 2010. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Pada Praktikum Kimia Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 484-496.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.